EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Penetapan Beban Tetap terhadap Tingkat Pengeluaran Pelanggan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin

Mardhiyah, Mardhiyah (2019) Pengaruh Penetapan Beban Tetap terhadap Tingkat Pengeluaran Pelanggan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (503kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Mardhiyah. 2018. Pengaruh Penetapan Beban Tetap terhadap Tingkat Pengeluaran Pelanggan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: (I) Drs. Nispan Rahmi, M.Ag (II) Lutpi Sahal, SHI., MSI Kata Kunci: Beban tetap, pengeluaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya surat keputusan Direksi PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin Nomor: PDAM.37/KPTS/VI/2017 tentang penetapan beban tetap pada tagihan rekening air minum pelanggan oleh pihak PDAM Bandarmasih sesuai klasifikasi dan tarif kepada pelanggannya dengan menggunakan batas pemakaian minimum yang menjadikan tingkat pengeluaran pelanggan tersebut bisa berubah atau tidak tergantung jumlah pemakaian yang sudah digunakan pelanggan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penetapan beban tetap terhadap tingkat pengeluaran pelanggan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Menggunakan Multi Stage Sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket kepada pelanggan yang bergolongan rumah tangga A1-A5 PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin dengan jumlah responden 100 orang. Pengujian instrument dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil, dari hasil regresi linier sederhana dengan menggunakan uji F. Menunjukkan Fhitung sebesar 3,478 < Ftabel 3,94 dengan nilai signifikansi 0,065 > 0,05 artinya bahwa penetapan beban tetap tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengeluaran pelanggan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin, yaitu hanya 3,4% besarnya pengaruh variabel beban tetap (X) terhadap variabel pengeluaran (Y) dengan kata lain sebesar 96,6% variasi tingkat pengeluaran (Y) dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Skripsi Mardhiyah Mardhiyah
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:21
Last Modified: 07 Feb 2019 07:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11032

Actions (login required)

View Item View Item