EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Alquran dengan Metode Tilawati di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Mariyanti, Mariyanti (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Alquran dengan Metode Tilawati di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (544kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

ABSTRAK Mariyanti, 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Alquran dengan Metode Tilawati di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: Dra. Hj. Rusdiana Husaini M. Ag dan Mahmudah M. Pd. I Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya Alquran sebagai pedoman hidup, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah belajar membacanya. Seiring perkembangan zaman, banyak sekali metode-metode pembelajaran membaca Alquran terbaru yang ditujukan agar anak dapat belajar dengan mudah dan riang. Salah satu metode pembelajaran Alquran yang berkembang saat ini yaitu Tilawati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Alquran dengan metode Tilawati di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan subjek dalam penelitian ini adalah guru yang bertugas sebagai pengajar Alquran di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan pengolahan data dengan menggunakan teknik koleksi, editing, koding dan interpretasi data. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Alquran dengan metode Tilawati kelas II di SD Islam Sabilal Muhtadin dapat dilihat dari pelaksanaannya. Sebelum mulai mengajar, guru terlebih dahulu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Ketika pembelajaran ada kegiatan awal, inti dan akhir. Kegiatan awal diisi dengan persiapan peserta didik dalam belajar, berdoa dan klasikal Tilawati atau membaca peraga Tiawati. Ketika klasikal atau membaca peraga semua peserta didik dan guru membacanya secara bersamasama. Setelah itu kegiatan inti diisi dengan baca simak, dan saat baca simak guru membacakan terlebih dahulu kemudian diikuti oleh peserta didik. Kemudian kegiatan akhir yang diisi dengan sama-sama membaca senandung Alquran. Media yang digunakan yaitu peraga Tilawati yang berbentuk persegi panjang berukuran 60 cm x 40 cm. Adapun faktor pendukung berupa, guru, peserta didik, serta media yang digunakan dan faktor penghambat berupa, guru belum bisa dalam mengevaluasi kenaikan jilid atau memunaqosyah peserta didik serta peserta didik masih ada beberapa yang kurang memperhatikan dan waktu yang kurang dari 60x pertemuan (waktu maksimal).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: Mariyanti Mariyanti Mariyanti
Date Deposited: 04 Mar 2019 05:04
Last Modified: 04 Mar 2019 05:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11381

Actions (login required)

View Item View Item