EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin

Latifah, Noor (2019) Metode Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (687kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (557kB)

ABSTRAK

Kegiatan belajar mengajar yang melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi adalah sebagai salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah, bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian dari keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Skripsi ini tentang Metode Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Bertujuan untuk mengetahui metode Pembelajaran serta Faktor-faktor yang mempengaruhi pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan Objek penelitian adalah metode Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan, yaitu Editing, Koding, Klasifikasian dan Interpretasi Data. Data yang sudah diolah dan diinterpretasikan, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Adapun dalam mengambil kesimpulan penulis mengambil metode induktif yaitu kesimpulan yang bersifat khusus kepada kesimpulan yang bersifat umum. Berdasarkan hasil penelitian, guru dalam mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan metode Ceramah, Tanya Jawab dan Keteladanan. Alasannya kerena metode tersebut mudah digunakan dan juga karena metode tersebut merupakan metode yang digunakan oleh guru-guru pada masa dahulu, oleh karenanya guru-guru sekarang hanya mengikuti cara mengajar guru-guru terdahulu. Alasan yang lain adalah karena metode tersebut lebih efektif dan efisien. Metode Ceramah digunakan guru dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, Metode Tanya Jawab guru gunakan ketika pembahasan selesai beliau jelaskan atau ketika waktu pembelajaran hampir habis, maka guru biasanya mempersilakan siswa untuk bertanya atau sebaliknya guru yang bertanya kepada siswa. Adapun metode Keteladanan guru gunakan ketika ingin mencontohkan atau menirukan suatu materi yang dapat diikuti oleh siswa misalnya seperti Adab Betamu yang baik dalam Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Noor Noor Latifah Noor Latifah
Date Deposited: 08 Jul 2019 06:31
Last Modified: 08 Jul 2019 06:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12018

Actions (login required)

View Item View Item