EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pengelolaan Media Sosial dalam Pengembangan Dakwah Di Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin

Lukmana, Lukmana (2019) Strategi Pengelolaan Media Sosial dalam Pengembangan Dakwah Di Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin merupakan lembaga pendidikan agama Islam non-formal yang ada di Kota Banjarmasin.Dalam melaksanakan aktivitas dakwahnya, Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin menggunakan berbagai media sosial sebagai media penyebaran dan menyampaikan nilai-nilai keislaman. Hal ini dilakukan Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin guna memudahkan dan memberikan pemahaman tentang agama Islam kepada masyarakat yang menggunakan media sosial dalam kesehariannya.Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti mengajukan dua pertanyaan, yaitu bagaimana pengelolaan media sosial dalam pengembangan dakwah di Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin dan bagaimana strategi pengelolaan media sosial dalam pengembangan dakwah di Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu peneliti terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti, diolah melalui proses koleksi data, editing data, klasifikasi data dan interprestasi data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial yang dilakukan oleh Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin dalam mengembangkan dakwah Islam yakni dengan menggunakan instagram, youtube dan facebook sebagai media dakwahnya. Sedangkan strategi pengelolaan media sosial yang dilakukan yakni melalui tiga tahapan, yakni proses perencanaan atau perumusan, proses implemantasi dan evaluasi. Adapun ciri yang dibuat oleh pengelola akun instagram @majelisasshofa, channel youtube majelisas-shofabanjarmasin dan fanpage facebook majelista’limasshofa dalam mengembangkan dakwah yakni fokus pada konten-konten dakwah Islam, menampilkan sajian pesan dari sisi yang berbeda, mengembangkan metode pesan dakwah, melakukan branding pada da’i, memaksimalkan penggunaan fitur-fitur media sosial, menggunakan bahasa informatif dan persuasif, melakukan postingan berkala dan menyajikan visual multimedia yang menarik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Lukmana Lukmana Lukmana
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:51
Last Modified: 03 Sep 2019 01:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12188

Actions (login required)

View Item View Item