EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Disiplin dalam Membaca Alquran terhadap Moralitas Anak di MTs Al-Muddakir Banjarmasin

Wahid, Ahmad Shafwani (2020) Pengaruh Disiplin dalam Membaca Alquran terhadap Moralitas Anak di MTs Al-Muddakir Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (719kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang dengan melihat kemerosotan moral pada saat ini. Dalam hal ini, disiplin dalam pembelajaran Alquran dapat menjadi solusi dalam memperbaiki moralitas anak yang akan menjadi penerus bangsa. Penelitian ini menyelidiki pengaruh antara disiplin siswa MTs Al-Muddakir Banjarmasin dalam membaca Alquran terhadap moralitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana disiplin anak dalam membaca Alquran, mengetahui moralitas keseharian anak, dan mengetahui implikasi disiplin membaca Alquran terhadap moralitas anak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun ke lapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai disiplin anak dalam membaca Alquran terhadap moralitas anak di MTs Al-Muddakir Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan pengukuran dan memerlukan data statistik. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh disiplin membaca Alquran terhadap moralitas anak, sedangkan yang menjadi subjek penelitiannya adalah siswa MTs Al-Muddakir yang berjumlah 63 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara angket, wawancara, dokumenter, dan observasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui pengkodean data (data coding), editing, skoring, tabulating, dan interpretasi data, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara disiplin dalam membaca Alquran terhadap moralitas anak yang merupakan siswa MTs Al-Muddakir Banjarmasin. Hal ini dibuktikan dari analisis yang menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,339 baik itu dari taraf signifikansi 5% yaitu 0,254 maupun taraf signifikansi 1% yaitu 0,330. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara disiplin dalam membaca Alquran terhadap moralitas anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AHMAD SAUF AHMAD SAUFI AL HADISI AHMAD SAUFI AL HADISI
Date Deposited: 24 Jun 2020 05:11
Last Modified: 24 Jun 2020 05:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item