EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Mataraman

Irfan, Muhammad (2020) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Mataraman. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang pembelajaran PAI yang dilakukan guru dirasa kurang maksimal karena hanya memberikan penjelasan melalui tempat duduknya saja yang kebanyakan siswa(i) merasa bosan dengan cara tersebut dan guru juga banyak memberikan tugas mencatat pelajaran daripada masuk dalam kelas. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Mataraman dan untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Mataraman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapanagan (field research). Dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Mataraman. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini bersifat kualitatif yaitu pendekatan yang berorientasi pada fenomena dan gejala yang bersifat alami. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa-siswi SMP Negeri 2 Mataraman. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Mataraman dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengolahan data digunakan teknik editing, klarifikasi dan interpretasi. Untuk Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan/mendeskripsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik analisa data induktif, yaitu dengan menyimpulkan data secara khusus berdasarkan kenyataan umum di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Mataraman ada tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan semua guru PAI membuat perencanaan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Pada tahap pelaksanaan ditemukan berbagai macam metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar, walau hanya mempunyai media yang terbatas. Pada tahap evaluasi ditemukan bahwa penilaian yang dilakukan oleh semua guru PAI sudah baik karena dapat menyeimbangkan antara aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotorik). Untuk faktor pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Mataraman yaitu adanya kegiatan keagaman dan peringatan hari-hari besar Islam serta motivasi dalam diri siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana prasarana ibadah yaitu mushalla dan terbatasnya media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fachri Ahm Fachri Ahmad Fachri Ahmad
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:36
Last Modified: 07 Jul 2020 03:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item