EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Media dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Materi Akhlak Terpuji Kelas XI di MAN 4 Banjar

Siddiq, Abdurrahman (2020) Penggunaan Media dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Materi Akhlak Terpuji Kelas XI di MAN 4 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (228kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (748kB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru di MAN 4 Banjar pada materi akhlak terpuji. Penelitian tentang penggunaan media pembelajaran di MAN 4 Banjar tersebut, karena media merupakan suatu hal yang sangat penting untuk digunakan oleh para guru dalam rangka memudahkan para siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana penggunaan media dalam pembelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji pada kelas Xl di MAN 4 Banjar, dan Faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan media dalam pembelajaran akidah akhlak mater! akhlak terpuji pada kelas XI di MAN 4 Banjar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran khusus pada materi akhlak terpuji pada kelas XI di MAN 4 Banjar. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptid kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru pendidikan aqidah akhlak, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran pada materi akhlak terpuji untuk kelas XI dan factor factor yang mempengaruhi penggunaan media tersebut di MAN 4 Banjar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mengumpulka data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokomentasi semua data yang terkumpul diproses melalui reduksi, editing, klasifikasi, dan verifikasi. Kemudian untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan disimpulkan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran aqidah akhlak meliputi beberapa tahapan yaitu mulai dari tahap perencaan, pelaksanaan, hingga tahap akhir yaitu evaluasi. Adapun factor factor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran aqidah akhlak ini meliputi factor pendukung yaitu pengalaman guru dalam mengajar, penguasaan guru terhadap media pembelajaran serta adanya kesiapan dalam menggunakan media tersebut. Adapun factor penghambatnya yaitu kurangnya minat guru dalam menggunakan media pembelajaran, kurangnya ketersediaan media di sekolah, dll.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 12 Nov 2020 01:14
Last Modified: 12 Nov 2020 01:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14884

Actions (login required)

View Item View Item