EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat Berbasis Karakter

Fatah, Zakiyah (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat Berbasis Karakter. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (661kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa RPP yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi operasi perkalian bilangan bulat berbasis karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan suatu produk baru atau produk yang sudah ada sebelumnya dan memvalidasi produk yang dikembangkan. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan, dokumen dan lain-lain yang disajikan dalam bentuk kata-kata. Subyek yang diambil dalam penelitian ini merupakan tiga orang dosen UIN Antasari Banjarmasin yang menguasai bidang- bidang dalam aspek-aspek yang dibutuhkan dalam rancangan penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh bahwa penelitian pengembangan ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP pada model pembelajaran Problem Based Learning pada materi operasi perkalian bilangan bulat berbasis karakter. Dengan mengikuti langkah-langkah yaitu: tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Namun pada penelitian ini tahap yang dilakukan dibatasi peneliti sampai pada tahap pengembangan (development) hal ini disesuaikan dengan kebutuhan peneliti pada penelitian yang dilakukan. Kualitas RPP yang dikembangkan telah melalui tahap validasi oleh tim ahli dosen validator yang terdiri dari ahli materi, ahli model pembelajaran, dan ahli dalam aspek karakter dengan klasifikasi “Baik” dengan kesimpulan “Dapat digunakan tanpa perbaikan”.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Hidayaty Hidayaty Noparida Hidayaty Noparida
Date Deposited: 15 Feb 2021 01:56
Last Modified: 15 Feb 2021 01:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15400

Actions (login required)

View Item View Item