EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI PEKAUMAN 1 BANJARMASIN

Hotimah, Hotimah (2021) IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI PEKAUMAN 1 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang implementasi sekolah ramah anak di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 1 Banjarmasin. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi sekolah ramah anak di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 1 Banjarmasin serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi sekolah ramah anak di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 1 Banjarmasin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi sekolah ramah anak di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 1 Banjarmasin serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi sekolah ramah anak di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 1 Banjarmasin. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 5 orang guru atau wali kelas tinggi, 80 orang siswa dan 64 orang tua siswa di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 1 Banjarmasin. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah Implementasi Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 1 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dan teknik pengolahan data dilakukan dengan teknik editing, klasifikasi dan interpretasi data. Sedangkan untuk menganalisi data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada beberapa tahapan dalam pembentukan sekolah ramah anak di SDN Pekauman 1 Banjarmasin yaitu: tahapan persiapan, perencanaan, pelaksanaan program sekolah ramah anak dan proses pelaksanaan pembelajaran yang ramah anak, semuanya terlaksana dengan baik namun masih ada beberapa program sekolah ramah anak yang belum terlaksana secara optimal. Adapun indikator sekolah ramah anak di SDN Pekauman 1 Banjarmasin sudah sesuai dengan aturan pemerintah dilaksanakan dengan baik di sekolah tersebut. . Faktor pendukung dari implementasi sekolah ramah anak di Sekolah Dasar Negeri Pekauman 1 Banjarmasin terdiri dari dukungan semua warga sekolah yaitu kepala sekolah, guru dan siswa, dukungan tidak hanya dari pihak sekolah, dukungan dari orang tua siswa, masyarakat sekitar maupun dari pihak puskesmas, selain itu faktor pendukung lainnya yaitu lingkungan sekolah yang mendukung, sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambatnya yaitu lingkungan keluarga karena masih ada saja orang tua yang melakukan tindakan kekerasan fisik, kekerasan non fisik dan Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir sampai sekarang sehingga siswa belajar secara online.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:13
Last Modified: 12 Aug 2021 02:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16987

Actions (login required)

View Item View Item