EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN SMPN 1 ALUH-ALUH

Nadia, Nadia (2021) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN SMPN 1 ALUH-ALUH. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (729kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (961kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai kualitas layanan menggunakan metode LibQual dengan 3 indikator yang di analisis yaitu Affect of Service (Kinerja Petugas dalam Pelayanan), Information Control (Kualitas dan Akses Informasi) dan Library as Place (Sarana Perpustakaan). Di Perpustakaan SMPN 1 Aluh-Aluh peneliti menemukan beberapa layanan yang kurang maksimal dan dijumpai layanan sirkulasi yang tergolong masih manual dan tidak tersedianya OPAC sehingga pengguna kesulitan mencari bahan pustaka. Selain itu, sarana dan prasarana juga memiliki keterkaitan dengan kualitas layanan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas layanan pengguna, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah para siswa di SMPN 1 Aluh-Aluh yang populasinya berjumlah 327 pemustaka. Pengambilan sampel dari 10% populasi maka didapatkan sampel berjumlah 76 pemustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), dokumentasi dan observasi. Selanjutnya di proses melalui editing, scoring, tabulating, dan dianalisis menggunakan analisis yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan pengguna di perpustakaan dengan menggunakan metode LibQual . Hasil penelitian ditemukan bahwa kualitas layanan pengguna di perpustakaan SMPN 1 Aluh-Aluh berdasarkan pada teori LibQual , yaitu Affect of Service (Kinerja Petugas dalam Pelayanan) memperoleh skor rata-rata 3,91 dalam rentang 3,41 – 4,20 yaitu puas, Information Control (Kualitas dan Akses Informasi) memperoleh skor rata-rata 2,28 dalam rentang 1,81 – 2,60 yaitu tidak puas dan Library as Place (Sarana Perpustakaan) memperoleh skor rata-rata 3,39 dalam rentang 2,61 – 3,40 yaitu kurang puas. Jadi, diperoleh simpulan bahwa kualitas layanan pengguna di Perpustakaan SMPN 1 Aluh-Aluh mempunyai rata�rata keseluruhan 3,19 dalam skala interval menunjukkan hasil kurang puas. Sedangkan untuk faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan pengguna di Perpustakaan SMPN 1 Aluh-Aluh memperoleh skor rata-rata 2,92 dalam rentang 2,61 – 3,40 yaitu kurang. Jadi, diperoleh simpulan bahwa kecepatan, ketepatan, keamanan, keramahtamahan dan rasa nyaman merupakan faktor yang mempengaruhi terhadap kualitas layanan di Perpustakaan SMPN 1 Aluh-Aluh.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Oct 2021 23:49
Last Modified: 27 Oct 2021 23:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17380

Actions (login required)

View Item View Item