EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Metode hypnoteaching Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VI MIS Al-Mujahidin Balangan

Solehah, Lailatus (2021) Penerapan Metode hypnoteaching Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VI MIS Al-Mujahidin Balangan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (961kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode hypnoteaching pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VI MIS Al-Mujahidin Balangan, serta untuk mengetahui faktor mendukung dan menghambat dalam penerapan metode hypnoteaching pembelajaran Akidah Akhlak kelas VI MIS AlMujahidin Balangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian lapangan (field research) dan digolongkan penelitian deskriftif kualitatif. Metode ini menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai penerapan metode hypnoteaching pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VI MIS Al-Mujahidin Balangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya di proses melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hypnoteaching pada pembelajaran Akidah Akhlak sangat bermanfaat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penggunaan metode hypnoteaching membuat guru lebih mudah mengelola komunikasi yang baik. Penerapan metode hypnoteaching guru melaksanakan acuan silabus dan RPP. Penerapan metode hypnoteaching meliputi 3 aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada aspek perencanaan mempersiapkan fisik dan mental, menyusun program belajar, dan pemilihan metode, pada aspek pelaksanaan menggunakan teori menurut Hajar yaitu niat dan motivasi, pacing, leading, menggunakan kata-kata positif, memberikan pujian dan modeling di dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Dan evaluasi guru memberikan tugas dalam pembelajaran baik tugas individu maupun kelompok dan biasanya memberikan PR.Adapun faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan pembelajaran Akidah Akhlak kelas VI. Faktor mendukung penerapan metode ini adalah Faktor kurikulum, Guru, dan peserta didik, sedangkan faktor penghambat Faktor guru, peserta didik , sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Oct 2021 05:49
Last Modified: 29 Oct 2021 05:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item View Item