EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Profesionalitas Petugas dalam Melayani Pendaftaran Tanah (Studi Kasus di Kecamatan Seruyan Hilir)

Novita, Novita (2021) Profesionalitas Petugas dalam Melayani Pendaftaran Tanah (Studi Kasus di Kecamatan Seruyan Hilir). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (353kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (951kB)
[img] Text
ABSTAK .pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (507kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Kasus yang terjadi di Kecamatan Seruyan Hilir bahwa banyaknya keluhan masyarakat tentang lamanya pendaftaran tanah yang ada di Kecamatan Seruyan Hilir. Lamanya waktu pendaftaran tersebut dinilai tidak sesuai dengan ketentuan Peraturan Bupati Seruyan No. 45 Tahun 2017, selain itu diduga adanya biaya tambahan yang juga melebihi ketentuan yang termuat dalam PERBUP tersebut. Adapun rumusan penelitian ialah bagaimana profesionalitas pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kecamatan Seruyan Hilir dan apa yang menjadi faktor penghambat PERBUP Seruyan di Masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui profesionalitas Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap baik itu dari segi pelayanan, waktu, dan juga biaya. Selain itu juga untuk mengetahui faktor yang menghambat implementasi dari PERBUP Seruyan No. 45 Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian sosiologi yang ditijau dari aspek sosial. Data penelitian ialah terkait profesionalitas pelayanan pendaftaran tanah dan juga faktor yang menghambat PERBUP Seruyan, sumber data penelitian yakni informan dari pihak Kecamatan Seruyan, kelurahan, dan juga masyarakat. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik wawancara. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dengan teknik editing, deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalitas pelayanan Pendataran Tanah Sistematis Lengkap di Kecamatan Seruyan dinilai masih kurang. Hal tersebut karena adanya waktu pelayanan yang lama pada tingkat Kecamatan, selain itu pada tingkat kelurahan khususnya Kelurahan Kuala Pembuang I juga memiliki kendala waktu yang lama bahkan pada Kelurahan Kuala Pembuang II didapatkan tambahan biaya untuk pendaftaran tanah. Artinya pelayanan pendaftaran tanah sangat tidak sesuai dengan ketentuan PERBUP Seruyan No. 45 Tahun 2017. Adapun faktor yang menghambat PERBUP sendiri ada tiga. Pertama, kebiasaan masyarakat yang bermasalah dalam data kepemilikan tanah. Kedua, petugas pelayanan pendaftaran tanah yang tidak taat pada ketentuan hukum. Ketiga, penegakan hukum yang masih kurang khususnya pengawasan dari tingkat kecamatan juga kabupaten.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:00
Last Modified: 26 Jan 2022 04:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18072

Actions (login required)

View Item View Item