EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Pendidikan Islam Perspektif Habib H. Sholeh Al-‘Aiderus Di Pondok Pesantren Al-Kautsar Tanah Bumbu

Mulya, Sari Endang (2022) Praktik Pendidikan Islam Perspektif Habib H. Sholeh Al-‘Aiderus Di Pondok Pesantren Al-Kautsar Tanah Bumbu. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguraikan bagaimana praktik pendidikan Islam menurut Habib H. Sholeh Al-‘Aiderus tentang tujuan, kurikulum dan metode pendidikan Islam. Tujuan dari adanya penelitian ini agar bisa menjadi modal serta acuan bagi pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam serta dapat mengenal lebih dekat dengan Habib H. Sholeh Al-‘Aiderus. Penelitian ini adalah penelitian studi pemikiran tokoh, yang mana penelitian ini bertujuan mengkaji dan mengumpulkan data untuk memperoleh segala perspektif Habib H. Sholeh Al- ‘Aiderus yang berkaitan tentang tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, dan metode pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah praktik pendidikan Islam Habib H. Sholeh Al-‘Aiderus, sedangkan yang menjadi subjek penelitian ini adalah keluarga Habib H. Sholeh Al-‘Aiderus dan guru serta alumnus Pondok Pesantren Al-Kautsar. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara wawancara serta mengamati video rekaman dan rekaman suara. Diproses melalui editing, klasifikasi data, interpretasi data, wawancara, dokumentasi kemudian dianalisis secara deskripsi kualitatif. Berdasarkan dari hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa praktik pendidikan Islam perspektif Habib H. Sholeh Al-‘Aiderus terdapat tiga poin penting. Pertama, tujuan pendidikan Islam yang terdiri dari tujuan tertinggi, tujuan umum, dan tujuan khusus. Kedua, kurikulum pendidikan Islam yang ditekankan adalah mempelajari ilmu agama, ilmu pengetahuan umum dan mengembangkan keterampilan hidup (life skill). Ketiga, metode pendidikan Islam yang Habib H. Sholeh Al-‘Aiderus gunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:14
Last Modified: 31 Jan 2022 01:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18179

Actions (login required)

View Item View Item