EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MODEL ANALISIS JALUR PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 7 HULU SUNGAI TENGAH.

Asita, Nor (2022) MODEL ANALISIS JALUR PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 7 HULU SUNGAI TENGAH. Skripsi, Tarbiyah dan keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (829kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dibedakan atas faktor internal dan eksternal. Pada penelitian ini faktor internal dan eksternal tersebut mencakup efikasi diri, motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung, tidak langsung, dan pengaruh total dari efikasi diri, motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 7 Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini berjenis penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 7 Hulu Sungai Tengah. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan uji prasyarat asumsi klasik yaitu uji linieritas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, serta metode yang digunakan adalah analisis jalur berbantuan software Lisrel 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh efikasi diri, motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap disiplin belajar secara bersama-sama sebesar 60%. (2) Terdapat pengaruh efikasi diri, motivasi belajar, lingkungan teman sebaya dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika sebesar 23%. (3) Terdapat pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap hasil belajar matematika melalui disiplin belajar sebesar 11,84%, terdapat pengaruh tidak langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika melalui disiplin belajar sebesar 22,72%, dan terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar matematika melalui disiplin belajar sebesar 0,64%.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:15
Last Modified: 03 Feb 2022 03:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18255

Actions (login required)

View Item View Item