EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STUDI KASUS TENTANG UPAYA ORANG TUA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 4 TAHUN MELALUI MEDIA VIDEO BLOGGING (VLOG)

Hidayati, Rahmi (2022) STUDI KASUS TENTANG UPAYA ORANG TUA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 4 TAHUN MELALUI MEDIA VIDEO BLOGGING (VLOG). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (797kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya orang tua meningkatkan kepercayaan diri anak usia 4 tahun melalui media video blogging (vlog) tentang 1) Upaya orang tua meningkatkan kepercayaan diri anak melalui media video blogging (vlog). 2) Hambatan orang tua saat meningkatkan kepercayaan diri anak melalui media video blogging (vlog). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah satu (1) orang tua dari anak yang awalnya memiliki tahap perkembangan di bidang sosial emosional khususnya kepercayaan diri yang belum berkembang secara maksimal. Sedangkan objek penelitian ini adalah peran orang tua meningkatkan kepercayaan diri anak melalui media video blogging (vlog). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri anak melalui vlog yaitu dengan menjadi pendengar yang baik, membiarkan anak membantu serta membiarkan anak melakukan sendiri apa yang sudah bisa ia lakukan, tidak langsung menyelamatkan si kecil, membantu memupuk minat dan bakat anak, membantu mencari cara untuk membantu sesama, memberi kesempatan anak berkumpul bersama orang dewasa, dan mengajak berkhayal mengenai masa depan. 2) hambatan dalam proses meningkatkan kepercayaan diri pada anak, hambatan tersebut yaitu keterbatasan peralatan, keahlian, dan waktu, dan lingkungan yang buruk. Hasil atau inti dari penelitian ini yaitu hal yang dilakukan oleh orang tua yaitu dengan membuat vlog bersama anak, karena ketika anak menyadari dirinya sedang direkam anak menjadi lebih bersemangat dan aktif baik itu dalam berbicara maupun bertingkah laku, yang dimana hal tersebut dampak dari anak sering menonton vlog-vlog orang lain, sehingga orang tua juga sering menontonkan vlogvlog orang agar anak dapat meniru sisi positif atau mengambil pelajaran dari vlog yang ditonton, pastinya dengan dampingan orang tua untuk menjelaskan baik itu sisi positifnya maupun negatifnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:21
Last Modified: 22 Apr 2022 06:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item