EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

REPRESENTASI PERSAHABATAN DALAM FILM RALPH BREAKS THE INTERNET ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE

Khotijah, Nur (2022) REPRESENTASI PERSAHABATAN DALAM FILM RALPH BREAKS THE INTERNET ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (969kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (289kB)

ABSTRAK

, 170104030068, “Representasi Persahabatan dalam Film Ralph Breaks The Internet Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce” Skripsi Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Pembimbing I: Dr. Fatrawati Kumari, M.Hum dan Pembimbing II: H. Abdul Hakim, M.Ag. Kata Kunci: Representasi, Persahabatan, Film Ralph Breaks The Internet, Charles S. Peirce. Film Ralph Breaks The Internet merupakan film komedi animasi 3D Amerika di rilis pada tahun 2018 yang merupakan sekuel yang sukses dari Wreckit Ralph tahun 2012. Film ini menceritakan persahabatan antara Ralph dan Venellope. Ralph yang merupakan tokoh penjahat dalam video game yang sebenarnya memiliki hati yang baik. Sedangkan Venellope memiliki karakter unik dan suka tantangan. Konflik muncul ketika video game milik Venellope rusak dan mereka memutuskan untuk pergi ke internet untuk memperbaikinya, yang akhirnya Venellope ingin tetap tinggal di internet karena dia merasa menemukan mimpinya di dunia internet. Persahabatan merupakan salah satu realitas yang banyak dialami oleh masyarakat dan seringkali diproyeksikan pada sebuah film. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana gambaran persahabatan dalam film Ralph Breaks The Internet? bagaimana ikon, indeks, simbol dalam film Ralph Breaks The Internet menurut Charles Sanders Peirce? Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pada riset pustaka (library research), yaitu penelitian yang berdasarkan pada pengumpulan data yang memfokuskan terhadap pembahasan menggunakan berbagai informasi kepustakaan. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini penulis mengamati langsung film Ralph Breaks The Internet dan menentukan beberapa scene yang terdapat makna persahabatan. Teknik analisis yang digunakan, menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce yang dinobatkan sebagai bapak semiotika modern bersama dengan Ferdinand de Saussure. Akan tetapi karena disiplin yang mereka tekuni berbeda sehingga ada perbedaan mendasar dalam penerapan konsep-konsep semiotika. Yang terkenal dari semiotika Peirce yaitu konsep triadik yang terdiri dari tanda, objek, dan interpretant. Berdasarkan objeknya Peirce membagi menjadi tiga: ikon, indeks, dan simbol yang akan digunakan dalam menganalisis penelitian ini. Hasil dari penelitian ini terdapat tujuh scene gambaran persahabatan yang ada dalam film Ralph Breaks The Internet, yaitu menghabiskan waktu bersama, selalu ada ketika sedih dan senang, rela berkorban, saling melindungi, saling membantu, saling percaya, dan saling menghargai. Melalui ikon, dalam film ini adalah visualisasi yang ada pada setiap scenenya yaitu setiap adegan yang terdapat sosok Ralph dan Venellope. Indeks, pada film ini menghubungkan antara tanda sebagai penanda dan petandanya yang selalu mengisyaratkan sesuatu. Simbol, pada film ini menunjukkan hubungan alamiah antara penanda dengan petandanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 12 Jul 2022 00:33
Last Modified: 12 Jul 2022 00:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19580

Actions (login required)

View Item View Item