EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRES MAHASISWA SEMESTER AKHIR YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UIN ANTASARI BANJARMASIN

ZAINAH, ZAINAH (2022) STRES MAHASISWA SEMESTER AKHIR YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UIN ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (784kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Zainah, 1601452279. Stres Mahasiswa Semester Akhir yang sedang Menyusun Skripsi pada Masa Pandemi Covid 19 Di UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, 2022, pembimbing: (1) Yulia Hairina M. Psi, Psikolog. (2) Imadduddin, M.A Kata kunci: Covid-19; Mahasiswa; Skripsi; Stres. Di masa kemajuan teknologi dan perkembangan zaman sekarang ini, dunia tengah menghadapi wabah virus Covid-19. Keberadaan virus ini dapat membahayakan kesehatan dan tidak sedikit merenggut nyawa seseorang dengan gejala terganggunya sistem pernapasan pada dirinya. Kejadian Covid-19 ini juga terjadi di negara Indonesia. Dalam rangka memutuskan penyebaran virus, pemerintah menerapkan beberapa kebijakan diberbagai bidang salah satunya bidang pendidikan. Pemerintah mengubah sistem pembelajaran biasanya dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran secara daring di rumah saja. Selain itu dalam proses penyusunan skripsi yang dirasakan mahasiswa tidak berjalan baik dengan adanya pemberlakuan penetapan daring/online, faktanya pandemi Covid-19 yang terjadi tidak hanya berdampak pada sistem perkuliahan namun kepada psikologis mahasiswa hal tersebut berdampak pada sulitnya mencari literature dan melakukan program bimbingan skripsi. Hal ini membuat pikiran mahasiswa kacau dan berdampak pada psikologis mahasiswa sehingga membuat stres. Keadaan stres yang terjadi pada diri seseorang bisa diartikan sebagian suatu reaksi fisik dan psikis yang berupa perasaan tidak nyaman terhadap tekanan atau tuntutan yang sedang dihadapinya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres dan faktor penyebab stres mahasiswa yang sedang menyusun skripsi pada masa pandemi Covid-19 di UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Skala stres disusun berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Sarafino yaitu aspek biologis dan aspek psikologis (gejala kognisi, gejala emosi dan gejala tingkah laku). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir yang sedang melakukan penyusunan skripsi di UIN Antasari Banjarmasin yang berjumlah 4,659 mahasiswa mulai dari angkatan 2015-2018. Adapun jumlah sampel yang digunakan 200 orang, untuk pengambilan sampel ini menggunakan teknik qouta sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan menggunakan skala likert, analisis data yang dilakukan menggunakan program IBM SPSS Statistics 22.0 for windows dan program komputer Microsoft Office Excell 2010. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat: (1) tingkat stres mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin menunjukkan 33 orang (16,5%) berada pada kategori tinggi, 154 orang (77,0%) berada pada kategori sedang, dan 13 orang (6,5%) berada pada kategori rendah. (2) Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya stres antara lain lingkungan dan kognitif.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:38
Last Modified: 29 Aug 2022 01:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20448

Actions (login required)

View Item View Item