EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Segmentasi. Targeting, dan Positioning pada Pemasaran Jasa Pendidikan MTs Darul Inabah Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Hasanah, Rizkatun (2022) Segmentasi. Targeting, dan Positioning pada Pemasaran Jasa Pendidikan MTs Darul Inabah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN RH.pdf

Download (370kB)
[img] Text
2. AWAL RH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK RH.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I RH.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. BAB II RH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
6. BAB III RH.pdf

Download (41kB)
[img] Text
7. BAB IV RH.pdf

Download (430kB)
[img] Text
8. BAB V RH.pdf

Download (9kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA RH.pdf

Download (225kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN RH.pdf

Download (10MB)

ABSTRAK

Latar belakang dalam penelitian ini adalah pada era kompetisi yang ketat antar sekolah saat ini, pemasaran jasa pendidikan adalah salah satu strategi sekolah untuk dapat bertahan dan bersaing. Setiap lembaga pendidikan harus mampu meningkatkan kepuasan pelanggan jasa pendidikan. Madrasah sebagai lembaga yang merupakan pengembangan model pendidikan pesantren ini sebaiknya mampu berkembang dan mengubah diri dengan cepat agar dapat mengimbangi maupun bersaing dengan lembaga pendidikan formal lainnya. Peningkatan mutu dan pelayanan harus ditingkatkan demi memenuhi tuntutan stakeholder. Madrasah perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat melalui segmentasi, targeting, dan positioning agar dapat sukses memenangkan persaingan di dunia pendidikan. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana madrasah membuat segmentasi dan segmen yang menjadi target calon siswa di MTs Darul Inabah serta untuk mengetahui bagaimana madrasah membangun positioning untuk calon siswa di MTs Darul Inabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sedangkan teknik validitas dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu: 1) Segmentasi dan targeting MTs Darul Inabah adalah petani, masyarakat kurang mampu dan anak yatim, masyarakat religius modern, dan masyarakat sekitar yang ingin anaknya di didik dalam asrama. 2) Positioning MTs Darul Inabah memiliki perbedaan dengan sekolah lain yaitu mempunyai program pembiasaan 3 bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris, berasrama, terintegrasi pesantren dan biaya terjangkau, serta memiliki keterampilan keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:23
Last Modified: 12 Dec 2022 07:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21166

Actions (login required)

View Item View Item