EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Rufaidhah, Eny (2022) Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Perpustakaan perguruan tinggi dalam melakukan pengadaan bahan pustaka terletak pada pelayanan teknis. Hal ini disebabkan karena perpustakaan dapat memberikan informasi kepada para penggunanya agar tujuan dari perpustakaan tersebut tercapai, yaitu mendukung, mempelancar dan meningkatkan kualitas pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi. Namun biasanya ada permasalahan yang terjadi yaitu terutama di bidang pengadaan bahan pustaka, keterbatasan dana atau kurangnya anggaran dana yang tersedia untuk pengadaan bahan pustaka. Dan biasanya terdapat koleksi yang kurang maksimal dalam pemanfaatannya misalnya seperti eksemplar yang cukup banyak sehingga ada beberapa koleksi yang kurang digunakan atau kurang dibutuhkan oleh pengguna. Selain itu, koleksi yang tersedia juga terkadang merupakan terbitan, edisi atau cetakan lama, sehingga tidak relevan lagi dan koleksi tersebut tidak dibutuhkan lagi oleh pengguna karena mereka membutuhkan terbitan yang terbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengadaan bahan pustaka serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan pustakawan yang terlibat dalam kegiatan pengadaan. Sedangkan objek penelitian ini adalah sistem pengadaan bahan pustaka dan kendala-kendala dalam pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dilakukan secara rutin setiap tahun. Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin belum memiliki kebijakan pengadaan bahan pustaka yang tertulis secara khusus. Tetapi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin memiliki kebijakan khusus dan umum yang tertulis. Sistem pengadaan bahan pustaka yang dilaksakan di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yaitu: pembelian dengan cara membeli langsung ke toko buku atau penerbit, hadiah atau sumbangan dari dosen atau mahasiswa, dan kerjasama dengan perpustakaan lain seperti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Kendala yang terjadi dalam proses pengadaan yaitu masih kurangnya ketersediaan dana dalam pembelian pengadaan bahan pustaka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 11 Jan 2023 08:01
Last Modified: 11 Jan 2023 08:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21569

Actions (login required)

View Item View Item