EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pelayanan Prima di Perpustakaan Daerah Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Maulidi, Muhammad Nazir (2022) Implementasi Pelayanan Prima di Perpustakaan Daerah Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (350kB)

ABSTRAK

Meningkatnya kebutuhan informasi harus dapat dijawab oleh perpustakaan, salah satunya dengan cara meningkatkan pelayanan prima. Faktor suksesnya pelayanan prima diantaranya adalah perpustakaan harus mampu memberikan layanan yang berorientasi pada pemustaka, dalam hal ini sangat ditentukan oleh kualitas dari tenaga perpustakaan, terutama pustakawan. Pustakawan merupakan ujung tombak dari pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Pustakawan juga mempunyai peranan penting dalam pelayanan dan memberikan kesan yang baik terhadap perpustakaan yang dikelolanya, maka pustakawan memegang peranan penting dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan prima perpustakaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi layanan prima serta faktor pendukung dan penghambat di Perpustakaan Daerah Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pustakawan dan pemustaka, objek dalam penelitian ini adalah program layanan prima, implementasi layanan prima,dan faktor pendukung dan penghambat, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengunakkan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa Implementasi Pelayanan Prima di Perpustakaan Daerah Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah mengikuti mengacu kepada konsep pelayanan prima standar perpustakaan, meliputi: a). Kemampuan/keterampilan, b). Sikap/tingkah laku, c). Penampilan, d). Perhatian, e). Tindakan, f). Tanggung Jawab, g). Aksebilitas dan Fleksibilitas. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu Sarana dan prasarana sudah cukup terpenuhi, dan juga koleksi digital yang dapat diakses melalui aplikasi dari perpustakaan yaitu IHSS. Faktor penghambat antara lain kurangnya pemahaman pemustaka terkait dengan tata tertib perpustakaan , kurangnya daya tampung pemustaka, kurangnya meja kursi untuk pemustaka, kurangnya pemahaman pemustaka tentang koleksi referensi dan koleksi umum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 20 Jan 2023 10:40
Last Modified: 20 Jan 2023 10:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21834

Actions (login required)

View Item View Item