EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Inovasi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran IPS Tatap Muka Terbatas Kelas IV MIN 6 Banjar

Rahmawati, Rahmawati (2022) Inovasi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran IPS Tatap Muka Terbatas Kelas IV MIN 6 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Media Pembelajaran adalah segala alat pembelajaran yang digunakan guru sebagai perantara untuk menyampaikan materi pelajaran. Namun pada kenyataannya, guru kurang optimal dalam menggunakan media pembelajaran di kelas. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Inovasi yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran IPS tatap muka terbatas kelas IV MIN 6 Banjar serta Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat inovasi guru dalam pembelajaran IPS tatap muka terbatas kelas IV MIN 6 Banjar. Penelitian ini bertujuan mengetahui inovasi yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan media pembelajaran IPS tatap muka terbatas kelas IV MIN 6 Banjar serta mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran IPS tatap muka terbatas kelas IV MIN 6 Banjar. Jenis Penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini satu orang guru IPS yang mengajar dari kelas IV (Empat) dan objeknya adalah Inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran IPS tatap muka terbatas kelas IV MIN 6 Banjar. Pengumpulan data dengan teknik Observasi, wawancara dan dekomen. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi guru dalam pembelajaran IPS tatap muka terbatas terlaksana dengan baik. Inovasi guru terdiri dari Inovasi dalam pendidikan, Inovasi dalam pengelolaan pembelajaran dan Inovasi media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan media pembelajaran seperti poster, buku lembar kerja siswa (LKS), Lagu dan permainan kartu. Dalam kegiatan pembelajaran secara umum guru melaksanakan pembelajaran IPS dengan baik. Faktor pendukung meliputi, Buku peserta didik, Buku guru atau pegangan, Papan tulis dan Ruang kelas. Faktor Penghambat meliputi, Media Poster Media Buku lembar kerja siswa (LKS) Media lagu Media permainan kartu.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:03
Last Modified: 26 Jan 2023 04:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21910

Actions (login required)

View Item View Item