EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hubungan Motivasi Belajar Bahasa Asing dengan Tingkat Kecerdasan Emosional pada Santriwati SMA Darul Hijrah Puteri

Hartina, Siti (2023) Hubungan Motivasi Belajar Bahasa Asing dengan Tingkat Kecerdasan Emosional pada Santriwati SMA Darul Hijrah Puteri. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Motivasi belajar adalah suatu dorongan secara internal atapun eksternal dari dalam diri siswa sendiri.seseorang yang memiliki motivasi belajar yang baik akan memiliki hasrat keinginan untuk berhasil, adanya dorongan tersebut hendaknya memberikan perubahan kepada siswa dalam hal tingkah lakunya. Dan kecerdasan emosional adalah usaha untuk mengendalikan serta mengekspesikan perasaan atau emosi agar dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kehidupan yang dimiliki siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi dan kecerdasan emosional saat belajar bahasa Asing serta hubungan antara kedua hal tersebut. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti motivasi belajar belajar bahasa asing dengan tingkat kecerdasan emosional para santriwati SMA Darul Hijrah Puteri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif motivasi belajar bahasa asing dengan tingkat kecerdasan emosional para santriwati SMA Darul Hijrah Puteri. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah Santriwati SMA Darul Hijrah Puteri dari kelas 1 SMA sampai dengan kelas 3 SMA 695 Santriwati. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan mengambil beberapa persen saja yakni 25% dari populasi 695 sehingga menjadi 174 santriwati. Berdasarkan penelitian ini, maka didapatkan hasil (1)Tingkat motivasi belajar bahasa asing pada santriwati SMA Darul Hijrah Puteri yang berkategori tinggi sebesar 14,9% (26 orang),untuk berkategori sedang sebesar 72,4% (126 orang) dan berkategori rendah sebesar 12,6% (22 orang). (2) untuk tingkat kecerdasan emosional pada santriwati SMA Darul Hijrah Puteri yang berada berkategori tinggi sebesar 19,0% (33 orang), untuk berkategori sedang sebesar 65,5% (114 orang) dan berkategori rendah sebesar 15,5% (27 orang) (3) dari data hasil uji korelasi pearson menemukan bahwa kecerdasan emosional mempunyai hubungan sedang yang signifikan dengan motivasi belajar bahasa asing, r = 0,226; n= 174; p < 0,003; two tailed ( hipotesis alternatif diterima). Arah hubungan kedua variabel adalah positif, sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi skor kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula skor motivasi belajar bahasa asing.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:14
Last Modified: 23 Feb 2023 06:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22234

Actions (login required)

View Item View Item