EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN MURAJA’AH DALAM MENJAGA HAFALAN JUZ 30 BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD TAHFIDZ AMIN KHOTHAB BANJARMASIN

Aziyzah, Ghina (2023) PELAKSANAAN MURAJA’AH DALAM MENJAGA HAFALAN JUZ 30 BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD TAHFIDZ AMIN KHOTHAB BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (767kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah Swt yang keaslian dan kesuciannya selalu dijaga oleh Allah Swt, sampai hari kiamat. Upaya pemeliharaan al-Qur’an yaitu dengan menghafalkannya pada tiap generasi umat Islam. Sehingga muncul para penghafal al-Qur’an mulai dari usia dini hingga dewasa. Namun dalam proses menghafal al-Qur’an seseorang sering mengalami kesulitan untuk menjaga hafalannya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pelaksanaan muraja’ah dalam menjaga hafalan juz 30 bagi anak usia dini di PAUD Tahfidz Amin Khothab Banjarmasin serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari pelaksanaan muraja’ah dalam menjaga hafalan juz 30 bagi anak usia dini di PAUD Tahfidz Amin Khothab Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Subjek penelitian ini yaitu 2 orang ustadzah dan anak TK B berjumlah 16 anak. Objek penelitian ini yaitu pelaksanaan muraja’ah dalam menjaga hafalan juz 30 bagi anak usia dini di PAUD Tahfidz Amin Khothab Banjarmasin serta faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan muraja’ah dalam menjaga hafalan juz 30 tersebut. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan muraja’ah dalam menjaga hafalan juz 30 bagi anak usia dini di PAUD Tahfidz Amin Khothab ada beberapa tahapan meliputi; perencanaan yaitu dengan mengatahui hafalan anak melalui buku kontrol tahfidz. Kemudian pelaksanaan muraja’ahnya dengan beberapa rangkaian yaitu; saat sholat dhuha, bersama-sama di kelas, disimak oleh ustadzah, mengulang hafalan baru di rumah, dan secara klasikal. Evaluasi yang dilakukan yaitu mengadakan ujian hafalan. Adapun faktor pendukung pelaksanaan muraja’ah yaitu peran guru, kerjasama dengan orang tua, dan media. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu; anak tidak konsentrasi, kesibukan orang tua, waktu yang kurang efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:50
Last Modified: 13 Apr 2023 01:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22622

Actions (login required)

View Item View Item