EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran Fikih Materi Kurban di Kelas X MA Irtiqaiyah Banjarmasin

Khan, Gusti Muhammad Rajes (2023) Implementasi Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran Fikih Materi Kurban di Kelas X MA Irtiqaiyah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI AJES.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK RAJES.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini karena Dalam proses pembelajaran terdapat unsur-unsur yang akan menghasilkan hasil belajar, melalui hasil belajar inilah maka pembelajaran bisa berkelanjutan sehingga segala sesuatu yang dibutuhkan manusia akan terpenuhi. Proses pembelajaran perlu perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan agar terlaksana secara efektif dan efesien. Konstruktivisme merupakan pembelajaran konstektual, yaitu pengetahuan yang dibangun oleh manusia. Adapun tujuan untuk mendeskripsikan penerapaan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran fikih dan mendeskripsikan faktor penghambat faktor pendukung pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran fikih materi kurban dikelas X MA Irtiqaiyah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang tergolong dalam penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru fikih dan peserta didik kelas X MA Irtiqaiyah Banjarmasin.Adapun yang menjadi objek penelitian yaitu implementasi pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran fikih materi kurban dikelas X MA Irtiqaiyah Banjarmasin,faktor penghambat dan faktor pendukung pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran fikih materi kurban dikelas X MA Irtiqaiyah Banjarmasin Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deksriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian Implementasi pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran fikih materi kurban dikelas X MA Irtiqaiyah Banjarmasin yaitu Penyusunan Perencanaan Pembelajaran. Kemudian tahap pelaksanaan pembelajaran diawali melakukan apersepsi dan motivasi, kegiatan alfa zona (mempersiapkan siswa sebelum belajar), kegiatan warmer (mengulang kembali materi pembelajaran Sebelumnya), pre-teach (menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan), scene setting (cara menstimulus siswa untuk membangun konsep awal) dan pendekatan konstruktivisme. Evaluasi dilakukan dengan pemberian soal secara lisan bertujuan untuk mengukur keberhasilan sejauh mana pencapaian tujuan pembelajaran. Faktor penghambat pada pendekatan ini yaitu siswa sering ribut namun guru bisa memgatasi.Faktor Pendukung yaitu peserta didik aktif di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 19 May 2023 07:04
Last Modified: 19 May 2023 07:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23040

Actions (login required)

View Item View Item