EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tindakan Konsumen Terhadap Kesepakatan Damai yang Tidak Dilaksanakan oleh Pelaku Usaha (Studi Kasus Sengketa Asuransi di BPSK Kota Banjarmasin)

Azijah, Wafix (2023) Tindakan Konsumen Terhadap Kesepakatan Damai yang Tidak Dilaksanakan oleh Pelaku Usaha (Studi Kasus Sengketa Asuransi di BPSK Kota Banjarmasin). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Besarnya persentase sengketa konsumen menjadi tuntutan adanya sistem dan prosedur penyelesaian sengketa yang efektif dengan kepastian hukum demi mencapai suatu keadilan. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Banjarmasin membantu menyelesaikan sengketa konsumen dengan mediasi, konsiliasi dan arbitrase. Penyelesaian sengketa di BPSK sendiri didominasi dengan mediasi, salah satunya adalah sengketa asuransi yaitu antara konsumen (TMC) dan pelaku usaha asuransi. Mediasi tersebut mencapai Kesepakatan Damai, namun faktanya pelaku usaha tidak menjalankan Kesepakatan Damai hasil mediasi antara konsumen (TMC) dan pelaku usaha tersebut.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tindakan konsumen terhadap Kesepakatan Damai yang tidak dilaksanakan oleh pelaku usaha dalam sengketa asuransi di BPSK Kota Banjarmasin dan faktor penyebab tindakan konsumen tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dan menggunakan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat 1 (satu) tindakan konsumen terhadap Kesepakatan Damai yang tidak dilaksanakan oleh pelaku usaha dalam sengketa asuransi di BPSK Kota Banjarmasin. Tindakan yang dilakukan konsumen adalah melakukan negosiasi secara kekeluargaan kepada pelaku usaha dengan menghubungi pelaku usaha melalui media WhatsApp dan Telegram. Beberapa tindakan yang seharusnya dilakukan, namun tidak dilakukan konsumen antara lain: 1) Konsumen tidak mendaftarkan Kesepakatan Damai hasil mediasi dengan mengajukan gugatan ke pengadilan untuk menjadi Akta Perdamaian; 2) Konsumen tidak menyelesaikan sengketa dengan cara aribtrase melalui BANI/BASYARNAS. 3) Konsumen tidak mengajukan gugatan wanprestasi atas Kesepakatan Damai hasil mediasi para pihak yang tidak dijalankan pelaku usaha; Terdapat beberapa faktor penyebab tindakan konsumen, diantaranya: 1) Faktor pengetahuan yaitu ketidaktahuan konsumen yang menyebabkan kesadaran hukum konsumen menjadi rendah; 2) Faktor ekonomi yaitu konsumen keberatan atas biaya yang dikeluarkan untuk penyelesaian sengketa; 3) Faktor budaya yaitu budaya masyarakat yang lebih sabar dan pasrah dalam menerima keadaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:41
Last Modified: 16 Jun 2023 06:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23323

Actions (login required)

View Item View Item