EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Permainan Papan Saku untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa

Najiah, Ahyatun (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Permainan Papan Saku untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (426kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan adalah suatu hal yang wajib dilakukan guru. Model pembelajaran discovery learning merupakan model yang melibatkan aktivitas siswa. Dengan mengkombinasikan model pembelajaran dengan media diharapkan pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung siswa setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan permainan papan saku, mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan permainan papan saku untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan permainan papan saku. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan desain penelitian pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin berjumlah 39 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Setelah semua data terkumpul, selanjutnya data dianalisis menggunakan Uji N-Gain, normalitas, homogenitas, dan hipotesis dengan bantuan SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berhitung kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol meskipun kedua kelas mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Hal ini diketahui dari hasil Uji N�Gain, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,69. Sedangkan pada kelas kontrol hanya memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,58. Hasil Uji hipotesis dengan Uji Independent Sample T-Test dengan taraf sig. 5% diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan permainan papan saku untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Selain itu, hasil angket menunjukkan respon siswa dengan persentase 80% termasuk pada kriteria respon yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:22
Last Modified: 18 Jul 2023 02:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23805

Actions (login required)

View Item View Item