EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Strategi Active Learning pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Barito Kuala

Jikri, Muhammad (2023) Penerapan Strategi Active Learning pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (856kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III..pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi karena Mata pelajaran Aqidah Akhlak sering dianggap suatu kegiatan pembelajaran yang berat dibandingkan pelajaran yang lain, karena materi pelajaran Aqidah Akhlak menyangkut masalah keimanan serta masalah kepribadian yang memerlukan penjelasan yang mudah diserap peserta didik. Oleh sebab itu penggunaan strategi Active Learning bagi guru Aqidah Akhlak sangat penting karena strategi dapat membuat siswa merasa bersemangat dan tidak membosankan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini yang bertujuan untuk meneliti pelaksanaan penerapan strategi Active Learning, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penerapan strategi Active Learning pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Barito Kuala. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan langkahlangkah editing dan klasifikasi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Aqidah Akhlak. Objek penelitiannya adalah pelaksanaan penerapan strategi Active Learning pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Barito Kuala dan faktor pendukung dan penghambatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut bahwa penerapan strategi belajar Active Learning oleh guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Barito Kuala sudah terlaksana dengan baik menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here, Index Card Match Dan Team Quiz. Dalam proses pelaksanaannya ada tiga tahap yang telah dilalui yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Adapun faktor pendukung pada penerapan strategi Active Learning yaitu: guru, yang meliputi latar belakang dan pengalaman. Siswa, meliputi kemampuan, minat dan motivasi siswa. Sarana dan Prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor alokasi waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:10
Last Modified: 21 Jul 2023 01:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23980

Actions (login required)

View Item View Item