EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Strategi Kooperatif Pada Siswa Kelas II MI Thalabul Khair Kabupaten Banjar

Helmina, Rina (2023) Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Strategi Kooperatif Pada Siswa Kelas II MI Thalabul Khair Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (714kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat di pengaruhi oleh seorang guru dalam menetapkan dan menerapkan srategi, metode dan media yang sesuai dengan materi dan keadaan siswa dalam sebuah pembelajaran di kelas sehigga minat, semangat dan konsentrasi siswa dalam mengikuti pelajaran dapat di optimalkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui persiapan yang dilakukan guru kelas dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik dengan strategi kooperatif serta langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh guru kelas II MI Thalabul Khair dalam menjalankan strategi kooperatif saat pembelajaran tematik Penelitian berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan jenis kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Guru Kelas II, dan Siswa Kelas II MI Thalabul Khair Kabupaten Banjar. Objek dari penelitian adalah Implementasi Pembelajaran Tematik Dengan Strategi Kooperatif Pada Siswa Kelas II MI Thalabul Khair Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan klasifikasi data setelah itu penulis mengadakan analisis data terhadap permasalahan yang dikemukakan. Data tersebut disajikan secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru tematik, informannya 12 orang siswa Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Stratetgi Pembelajaran Kooperatif pada mata pelajaran Tematik kelas II di MI Thalabul Khair Kabupaten Banjar sudah terlaksana cukup baik, dengan uraian sebagai berikut: 1 ) Persiapan guru yaitu menyusun terkait materi pembelajaran apa yang di ajarkan, metode pembelajaran yang digunakan, langkah-langkah pembelajaran, 2 ) Langkah-langkah strategi pembelajaran kooperatif pada kegiatan awal dimulai dengan menyapa dan memberi motivasi, penyampaian materi saat proses pembelajaran, membagi tugaskan kelompok sesuai dengan keadaan siswa dan memberikan penilaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:54
Last Modified: 27 Jul 2023 01:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24336

Actions (login required)

View Item View Item