EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tamban Catur Kabupaten Kapuas

Ruwayda, Ruwayda (2023) Manajemen Pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tamban Catur Kabupaten Kapuas. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh adanya usaha yang diberikan Kantor Urusan Agama Kecamatan Tamban Catur untuk memberikan pelayanan prima yang berkualitas kepada masyarakat khususnya dalam pendaftaran dan pencatatan nikah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan fungsi manajemen pelayanan, kualitas pelayanan 0serta faktor pendukung dan penghambat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tamban Catur dalam melaksanakan pelayanan prima. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif serta pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kepada Kepala Kantor Urusan Agama dan Pegawai Kantor Urusan Agama Kecamatan Tamban Catur guna menggali data tentang Penerapan fungsi manajemen pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tamban Catur. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan fungsi manajemen perencanaan dilaksanakan dengan menetapkan tujuan; Pengorganisasian dengan menetapkan struktur organsisasi yang didasarkan pada perencanaan tugas dan posisi; Fungsi Penggerakan dengan pemberian motivasi oleh Kepala KUA dan Komunikasi dua arah yang selalu berjalan; Fungsi pengawasan yang dilakukan sebelum, sedang dan sesudah berlangsungnya kegiatan layanan berjalan cukup baik pada manajemen pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tamban Catur. Adapun kualitas pelayanan meliputi (1)Bukti fisik/tangible sudah cukup baik; (2) Kehandalan/reabilty pegawai dalam melayani masyarakat sudah cukup baik; (3) Ketanggapan/responsiviness sudah baik karena cepat dan tanggap dalam pelayanan; (4) Jaminan/assurance telah terpenuhi dalam segi jaminan waktu,kepastian biaya dan legalitas; (5)Empati juga sudah terlihat saat pelayanan dilaksanakan. Adapun faktor yang mendukung pelayanan yaitu: Kemudahan Akses layanan Kantor Urusan Agama, Kejelasan Tugas, dan adanya partisipasi masyarakat. Sedangkan faktor yang menghambat pelayanan yaitu: Minimnya sumber daya manusia, serta data masyarakat yang sering kali berbeda-beda, dan masih adanya masyarakat yang kurang jujur dalam pelayanan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:52
Last Modified: 28 Jul 2023 02:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24381

Actions (login required)

View Item View Item