EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Persepsi Masyarakat Terhadap Konsep Pendidikan di SDIT Insantama Banjarmasin

Mu’minah, Mu’minah (2023) Persepsi Masyarakat Terhadap Konsep Pendidikan di SDIT Insantama Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (542kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (407kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (81kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (389kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang persepsi masyarakat terhadap konsep pendidikan Islam yang dilaksanakan secara keterpaduan pada suatu instansi sekolah Islam Terpadu, yaitu SDIT Insantama cabang kota Banjarmasin. Yang menjadi fokus penelitian adalah apa yang diketahui oleh warga sekitar mengenai konsep pendidikan di Sekolah Islam Terpadu pada umumnya, bagaimana konsep pendidikan dari sekolah Islam Terpadu yang ada pada SDIT Insantama Banjarmasin, apa tantangan yang harus dihadapi para guru dalam melaksanakan konsep pendidikan dari Sekolah Islam Terpadu di SDIT Insantama Banjarmasin, dan apa yang dirasakan oleh orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya di SDIT Insantama Banjarmasin. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas bagaimana konsep pendidikan yang ditawarkan oleh SDIT Insantama Banjarmasin sehingga dapat membentuk dan mencetak peserta didik agamis, akademis, unggul dan berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini yaitu beberapa warga di sekitar sekolah berlabel sekolah Islam Terpadu, dua orang tenaga pengajar, kepala sekolah dan lima orang dari orang tua siswa SDIT Insantama Banjarmasin, objek penelitian ini adalah tentang konsep pendidikan pada salah satu cabang sekolah Islam Terpadu, yaitu SDIT Insantama Banjarmasin. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengolahan data menggunakan teknik Koleksi data, Editing, Klasifikasi data dan Interpretasi data. Untuk analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan mengambil kesimpulan dengan mempergunakan teknik induktif yaitu mengambil kesimpulan dari umum kekhusus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, warga sekitar memberikan pendapat bahwa konsep pendidikan Islam terpadu merupakan sekolah dengan sistem menggabungkan pembelajaran ilmu agama Islam dan ilmu umum. Konsep Pendidikan Islam Terpadu di SDIT Insantama Banjarmasin merupakan konsep yang meleburkan pembelajaran ilmu agama Islam dengan ilmu umum pada setiap aspek. Tantangan yang harus dihadapi oleh para guru ialah peleburan ilmu agama Islam dengan ilmu agama bertolak belakang dengan realita kehidupan yang sekuler. Orang tua siswa SDIT Insantama Banjarmasin telah banyak merasakan perubahan positif pada diri anak-anaknya hingga bahkan bisa memberikan warna pada lingkungan sekitarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Aug 2023 00:19
Last Modified: 16 Aug 2023 00:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24847

Actions (login required)

View Item View Item