EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan E-Modul Berbantuan Go-Lab pada Penerapan Model Pembelajaran ARCS Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Ar-Rahim, Nuri Fattah (2023) Pengembangan E-Modul Berbantuan Go-Lab pada Penerapan Model Pembelajaran ARCS Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (663kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Perkembangan teknologi saat ini tidak lepas dari ilmi fisika. Pada kenyataannya beberapa siswa menganggap mata pelajaran fisika cukup sulit untuk dipahami sehingga siswa merasa kurang tertarik untuk mempelajarinya. Karena hal ini dibutuhkanlah suatu inovasi yang dapat memberikan motivasi kepada siswa. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran yaitu e-modul berbantuan go-lab dengan menerapkan model pembelajaran ARCS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan validasi dari pengembangan e-modul berbantuan go-lab pada materi optik, (2) Mendeskripsikan motivasi siswa terhadap pengembangan emodul berbantuan go-lab pada penerapan model pembelajaran ARCS, (3) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran ARCS pada materi optik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dan untuk model penelitiannya adalah 4D. Penelitian dilaksanakan di MAN 3 Banjar pada semester ganjil tahun ajar 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi, lembar observasi motivasi siswa dan hasil belajar siswa dari penerapan model pembelajaran ARCS. Angket yang digunakan terdiri dari angket validasi e-modul yang diberikan kepada tiga orang validator ahli dan angket observasi motivasi yang diberikan kepada tiga orang observer selama kegiatan pembelajaran. Sedangkan hasil belajar didapatkan dari 15 siswa MAN 3 Banjar Kelas XII MIPA 1. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memperoleh hasil validasi produk ahli materi sebesar 89,5% dan ahli media sebesar 88,4% dengan kriteria layak. Pada observasi motivasi siswa diperoleh persentase pada hari pertemuan pertama sebesar 64,07% dan pada pertemuan kedua sebesar 72,6% , hasil motivasi tersebut memperoleh kriteria tinggi. Kemudian, hasil belajar diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 84.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:43
Last Modified: 19 Oct 2023 01:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25068

Actions (login required)

View Item View Item