EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Metode Deeniyat dalam Pembelajaran Materi Sirah di Maktab Deeniyat Darul Falah Sungai Andai Banjarmasin

Fadhil, Abdillah (2023) Implementasi Metode Deeniyat dalam Pembelajaran Materi Sirah di Maktab Deeniyat Darul Falah Sungai Andai Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (120kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pendidikan merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Melalui pendidikan diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, di mana salah satu cirinya ditentukan oleh budi pekertinya. Dalam melakukan pembelajaran diperlukan metode yang dapat menunjang suatu pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru diharapkan dapat memilih dan menetapkan metode yang tepat dan sesuai dengan tujuan, materi, situasi, kondisi, dan kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga dapat menerapkan metode pembelajaran dengan baik dan tepat. Adapun metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran materi sirah salah satunya adalah metode deeniyat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode deeniyat dalam pembelajaran materi sirah di maktab deeniyat Sungai Andai Banjarmasin, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Deeniyat dalam pembelajaran materi sirah di maktab deeniyat Darul Falah Sungai Andai Banjarmasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 orang pengajar dan 28 orang anak didik. Objek penelitian yaitu implementasi metode deeniyat dalam pembelajaran materi sirah, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode deeniyat dalam pembelajaran materi sirah. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data dalam implementasi metode deeniyat dalam pembelajaran materi sirah di maktab deeniyat Sungai Andai Banjarmasin, yaitu ustadz/ah menjelaskan dengan metode ceramah dan melakukan sesi tanya jawab setelah pembelajaran dan kegiatan tersebut dilakukan selama 4 hari dalam 1 minggu dengan durasi waktu 1 jam, setelah itu dilakukan pengulangan pembelajaran sebelumnya pada 1 hari yang biasanya dilakukan pada hari Jum’at. Sedangkan factor pendukung dan penghambat yaitu terdapat pada anak didik, ustadz/ah, dan sarana prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 05 Dec 2023 00:26
Last Modified: 05 Dec 2023 00:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25406

Actions (login required)

View Item View Item