EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Perpustakaan SMA Mujahidin Tanjung Lalak Kabupaten Kotabaru dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar

Safitri, Dwi (2023) Peran Perpustakaan SMA Mujahidin Tanjung Lalak Kabupaten Kotabaru dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (404kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Perpustakaan sangat penting keberadaannya dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, perpustakaan SMA Mujahidin Tanjung Lalak Kabupaten Kotabaru terlihat masih belum efektif dalam menunjang kegiatan belajar mengajar sehingga penulis tertarik mengangkat pokok permasalahan tentang peran perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar dan kendala perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peran perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar serta hal-hal yang menjadi kendala di perpustakaan SMA Mujahidin Tanjung Lalak Kabupaten Kotabaru. Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola perpustakaan, guru, dan siswa-siswi SMA Mujahidin Tanjung Lalak Kabupaten Kotabaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peran perpustakaan SMA Mujahidin Tanjung Lalak Kabupaten Kotabaru dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perpustakaan SMA Mujahidin Tanjung Lalak Kabupaten Kotabaru dalam menunjang kegiatan belajar mengajar dikatakan sudah cukup berperan, diantaranya: 1) Peran pengelola perpustakaan dan perpustakaan: memberikan pengarahan, menyediakan fasilitas, berusaha melengkapi koleksi. 2) Peran perpustakaan bagi guru dan siswa: sebagai tempat dan sumber belajar, menyediakan koleksi dan fasilitas untuk belajar, menyediakan koleksi sesuai dengan kebutuhan meskipun masih ada yang kurang, pengelola perpustakaan memberikan pengarahan pencarian koleksi meskipun terkadang tidak terlayani dengan optimal, sebagai sarana mencari informasi untuk belajar, mengerjakan tugas, dan rekreasi. Kendala perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar yaitu terbatasnya fasilitas dan koleksi perpustakaan, kurangnya tenaga pengelola perpustakaan, serta lokasi perpustakaan yang kurang strategis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:18
Last Modified: 17 Jan 2024 03:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25768

Actions (login required)

View Item View Item