EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Identifikasi Wawasan Kaidah Kebahasaan Siswa Ditinjau dari Akses Sumber Belajar di MIN 3 Tapin

Hafizah, Elma Nur (2024) Identifikasi Wawasan Kaidah Kebahasaan Siswa Ditinjau dari Akses Sumber Belajar di MIN 3 Tapin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Elma_Pernyataan.pdf

Download (130kB)
[img] Text
AWAL_ELMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi akses sumber belajar dalam meningkatkan wawasan kaidah kebahasaan siswa yang meliputi bagaimana akses sumber belajar siswa, bagaimana wawasan kaidah kebahasaan siswa, dan apakah ada pengaruh dari akses sumber belajar terhadap wawasan kaidah kebahasaan siswa di MIN 3 Tapin . Penelitian ini menggunakan mixed method concurrent triangulation terhadap 40 siswa di MIN 3 Tapin. Teknik pengambilan data secara kualitatif dilakukan melalui wawancara kepada siswa dan guru, observasi serta dokumentasi fasilitas penunjang. Pengambilan data kuantitatif dilakukan melalui kuesioner dan tes soal pilihan ganda yang kemudian diperoleh data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles and Huberman sebagai teknik analisis data kualitatif. Untuk data kuantitatif digunakan teknik analisis uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis dan kemudian dilakukan triangulasi antar data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa siswa MIN 3 Tapin memiliki beragam akses sumber belajar yang dilihat dari hasil jawaban pada kuesioner terkait akses sumber belajar, data ini juga didukung dengan hasil wawancara serta dokumentasi yang menyatakan bahwa fasilitas yang ada di MIN 3 Tapin sudah memadai sehingga memudahkan akses sumber belajar siswa di MIN 3 Tapin. Adapun untuk wawasan kaidah kebahasaan siswa yang dilihat dari hasil tes soal dan wawancara menyatakan mereka masih berada di tingkatan cukup dan perlu diberikan evaluasi lebih lanjut. Akses sumber belajar yang terbilang cukup memadai ternyata tidak memberikan pengaruh yang berarti terhadap wawasan kaidah kebahasaan, siswa yang memiliki beragam akses sumber akses sumber belajar tidak menjamin memiliki wawasan kaidah kebahasaan yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:37
Last Modified: 30 Jan 2024 06:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26146

Actions (login required)

View Item View Item