EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Toko Akbar Al-Haqi di Kec. Muara Komam kab. Paser

Ar-rahmah, Nafis (2024) Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Toko Akbar Al-Haqi di Kec. Muara Komam kab. Paser. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Keaslian tulisan.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Cover-Daftar isi.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya prilaku pedagang sembako di toko Akbar Al-haqi di kec. Muara Komam kab. Paser Kalimantan timur yang tidak sesuai dengan etika-etika bisnis Islam. Dengan adanya pergeseran etika bisnis Islam pada transaksi jual beli pada pedagang sembako di toko Akbar al-haqi maka menimbulkan pihak yang dirugikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman pedagang sembako tentang etika bisnis Islam dan penerapan etika bisnis Islam pada transaksi jual beli di toko sembako Akbar al�haqi di kec. Muara Komam kab. Paser Kalimantan timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (fiel research) dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokomentasi kepada pedagang pemilik toko sembako Akbar al-haqi di kec. Muara Komam kab. Paser Kalimantan timur dan konsomen yang berbelanja di toko sembako Akbar al-haqi di kec. Muara Komam kab. Paser Kalimantan timur. Selanjutnya analisis data induktif metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut yang berarti data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Pemahaman dan penerapan dari pedagang sembako di toko Akbar al-haqi di kec. Mura komam kab. Paser Kalimantan timur mengenai etika bisnis Islam dalam menjalankan kegiatan bisnis, rata-rata mereka telah memahami dan menerapkan pentingnya etika bisnis Islam, dan mereka memahami tentang hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang oleh syariat Islam. Akan tetapi masih ada juga pedagang yang belum sepenuhnya memahami dan menerapkan etika bisnis Islam seperti kejujuran dan sifat siddiq. Adapun Sebab tidak diterapkannya secara penuh etika bisnis Islam karena Ketidak fahaman mereka tentang etika bisnis itu sendiri, di karenakan keterbatasan pengetahuan mereka, mengingat bahwa kebanyakan dari mereka yang tidak paham etika bisnis Islam secara teori.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mr Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:43
Last Modified: 27 Feb 2024 03:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26197

Actions (login required)

View Item View Item