EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di SMPIT Insan Madani Kota Banjarmasin

Amalia, Ridha (2024) Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di SMPIT Insan Madani Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penjaminan mutu adalah istilah mutu yang digunakan sebagai kata lain untuk semua bentuk kegiatan monitoring, evaluasi atau kebijakan (review) mutu. Mutu pendidikan bisa dilihat dari kebijakan, sistem, dan sumber daya lembaga pendidikan, yaitu kualitas kebijakan akan mempengaruhi kualitas pendidikan di suatu negara, suatu daerah atau suatu yayasan/bisnis. Dalam konteks inilah di SMPIT Insan Madani Kota Banjarmasin yang dijadikan peneliti sebagai tempat penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem penjaminan mutu internal di SMPIT Insan Madani Banjarmasin dan standar mutu di SMPIT Insan Madani Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Koordinator Tim Penjaminan Mutu, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementsi sistem penjaminan mutu di SMPIT Insan Madani Kota Banjarmasin, terkait pemetaan mutu sudah sesuai dengan dinas pendidikan dan kurikulum yang diterapkan JSIT yaitu kurikulum kepondokan dan tahfidz, pembuatan rencana peningkatan mutu, pelaksanaan pemenuhan mutu, monev proses pelaksanaan pemenuhan mutu dan penetapan standar baru serta penyusunan strategi peningkatan mutu sudah dilaksanakan dengan efektif. Standar mutu JSIT di SMPIT Insan Madani Banjarmasin terkait standar pendidik dan tenaga kependidikan sudah sesuai dengan peraturan yang ada di SIT yaitu sudah sesuai dengan bidangnya masing-masing namun untuk tenaga kependidikan masih kurang, standar sarana dan prasarana belum sesuai dengan standar karena masih ada beberapa ruangan yang kurang, dan untuk standar pembiayaan, kurikulum, serta standar pengelolaan sudah sesuai dengan apa yang diterapkan JSIT Indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:55
Last Modified: 18 Apr 2024 05:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26465

Actions (login required)

View Item View Item