EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Metode Tilawati pada Program Belajar Al-Qur’an di TPQ Madinatu Taqwa Banjarmasin

Ulfah, Maria (2024) Implementasi Metode Tilawati pada Program Belajar Al-Qur’an di TPQ Madinatu Taqwa Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (483kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Mempelajari al-Qur’an merupakan sebuah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada setiap manusia baik itu laki-laki maupun perempuan. Oleh karenanya, setiap muslim hendaknya belajar al-Qur’an agar dapat memahami makna yang terkandung di dalamnya. Saat ini sudah banyak metode dalam belajar Al-Qur’an, salahsatunya yaitu metode tilawati. Metode tilawati merupakan sebuah cara belajar membaca Al-Qur’an dengan ciri khas menggunakan lagu rost dengan pembiasaan pendekatan secara seimbang yakni pendekatan klasikal dan individual dengan cara baca simak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi metode tilawati pada program belajar Al-Qur’an di TPQ Madinatu Taqwa Banjarmasin, serta untuk mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi metode tilawati pada program belajar Al-Qur’an di TPQ Madinatu Taqwa Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatannya yaitu pendekatan lapangan (Field Research). Adapun subjek dalam penelitian ini ialah 5 orang pendidik atau Ustadz /Ustadzah dan 3 peserta didik di TPQ Madinatu Taqwa Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada TPQ Madinatu Taqwa Banjarmasin bahwa Proses implemantasi metode tilawati pada program belajar Al-Qur’an terdiri dari 3 tahapan yaitu pertama, Perencanaan pembelajaran yang berpatokan dengan panduan buku tilawati, tidak menggunakan sebuah Perangkat perencanaan. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran pada TPQ Madinatu Taqwa Banjarmasin terdiri dari 3 tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan awal yaitu membuka pembelajaran, mengucapkan salam, berdoa bersama, apersepsi, mengecek kesiapan, muroja’ah hafalan dan membuat kesepakatan kelas. Kegiatan inti yaitu baca peraga dan baca simak dengan irama atau lagu rost, ditambah materi penunjang. Kegiatan akhir yaitu materi penunjang, setelah itu istirahat dan shalat ashar berjamaah, pemberian nasehat dan motivasi. Ketiga, Evaluasi pembelajaran, ada 3 jenis yaitu evaluasi terhadap pendidik, evaluasi terhadap anak, dan evaluasi akhir tahun. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode tilawati. Adapun faktor pendukung yaitu penggunaan sarana dan prasarana, kelengkapan media ajar, teknik mudah diterapkan dan faktor orang tua dan teman saling mendukung. Faktor penghambat yaitu adanya kegiatan ekstrakurikuler di luar, terbentur dengan kegiatan sekolah yang full day, adanya kegiatan tambahan seperti les privat, rasa lelah dan malas karena banyaknya kegiatan di luar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:41
Last Modified: 21 Jun 2024 06:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26773

Actions (login required)

View Item View Item