EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MIN 16 Banjar

Zulaikha, Zulaikha (2024) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MIN 16 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK Zulaikha.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I Zulaikha.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II Zulaikha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III Zulaikha.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV Zulaikha.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V Zulaikha.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
Lampiran Zulaikha.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Percaya diri sangat penting bagi siswa dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi, karena individu yang memiliki keyakinan terhadap kemampuan dirinya cenderung lebih proaktif, dan gigih dalam mengejar tujuan hidup, khususnya keberhasilan pencapaian akademik. Namun berdasarkan penelitian terdahulu masih banyak siswa yang kurang percaya diri. Masih banyak guru yang masih belum bisa mengembangkan rasa percaya diri siswa, untuk mewujudkan siswa yang penuh percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru IPAS dalam meningkatkan percaya diri siswa kelas IV di MIN 16 Banjar serta faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan metode kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru IPAS kelas IV, kepala madrasah, dan siswa kelas IV. Sedangkan objeknya yaitu strategi guru IPAS dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yakni data reduction, data display, dan verification. Keabsahan data melalui triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru pada mata pelajaran IPAS kelas IV menggunakan beberapa strategi seperti strategi pembelajaran langsung berupa tanya jawab dan penugasan serta strategi pembelajaran interaktif berupa diskusi dan peer teaching. Selain itu, guru IPAS juga menggunakan beberapa upaya seperti; memperhatikan keadaan siswa, memberikan dukungan emosional, menjaga komunikasi baik dengan siswa, memberikan dorongan kepada setiap skill siswa, serta memberikan tugas dan tanggung jawab. Faktor pendukung dari penerapan strategi berupa; kedisiplinan, ekstrakurikuler, media pembelajaran, profesionalisme guru. Adapun faktor penghambat; lingkungan keluarga dan masyarakat, serta smartphone.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:32
Last Modified: 25 Jun 2024 03:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26867

Actions (login required)

View Item View Item