EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Media Foto Album Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV MI Sullamut Taufiq Kota Banjarmasin

Hikmah, Nur (2019) Penggunaan Media Foto Album Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV MI Sullamut Taufiq Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (506kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (872kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan media dalam sebuah pembelajaran. Guru dapat menggunakan media sebagai salah satu cara alternatif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik sehingga akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan media foto album pembelajaran tematik pada siswa kelas IV MI Sullamut Taufiq Kota Banjarmasin? 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja dari penggunaan media foto album pembelajaran tematik pada siswa kelas IV MI Sullamut Taufiq Kota Banjarmasin? Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media foto pada pembelajaran tema tempat tinggalku siswa kelas IV MI Sullamut Taufiq Kota Banjarmasin. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan media foto album di dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV MI Sullamut Taufiq Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan klasifikasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media foto album pada pembelajaran tematik pada siswa kelas IV MI Sullamut Taufiq Kota Banjarmasin terlaksana dengan baik. Hal ini berdasarkan pada beberapa indikator, yaitu penggunaan media foto album telah sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran, waktu yang tersedia cukup untuk penggunaan media foto album, dan penggunaan media foto album telah mampu mengaktifkan keterlibatan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut didukung oleh beberapa faktor yaitu latar belakang pendidikan guru yang sesuai dengan tugasnya sebagai guru, pengalaman mengajar yang cukup banyak, dan telah mengikuti beberapa pelatihan yang berhubungan dengan implementasi kurikulum 2013, serta alokasi waktu yang tersedia telah cukup untuk penggunaan media foto album.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nur Hikmah
Date Deposited: 23 Dec 2019 01:53
Last Modified: 23 Dec 2019 01:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13355

Actions (login required)

View Item View Item