EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Internalisasi Nilai-Nilai Islam di Sekolah Alam Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu

Jauhariyah, Siti (2021) Internalisasi Nilai-Nilai Islam di Sekolah Alam Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Internalisasi merupakan suatu proses penanaman sikap kedalam diri pribadi seseorang melalui pembinaan dan bimbingan agar ego menguasai secara mendalam sehingga dapat tercermin dalam sikap dan tingkah laku. Nilai-nilai Islam memuat aturan-aturan Allah yang mengatur tentang hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan Alam semesta. Berdasarkan penjajakan penulis, ditengah kemajuan zaman yang serba modern pada saat ini, banyak dampak negatif yang akan terjadi pada generasi bangsa, salah satunya yaitu mulai lunturnya nilai-nilai islam. Maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mengetahui internalisasi nilai-nilai islam di sekolah alam batulicin kabupaten tanah bumbu dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam internalisasi nilai-nilai islam di sekolah alam batulicin kabupaten tanah bumbu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru di kelas IV dan peserta didik kelas IV yang berjumlah empat orang di Sekolah Alam Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah internalisasi nilai-nilai islam di Sekolah Alam Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu serta faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai islam di Sekolah Alam Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data yang dikumpulkan terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi dan interpretasi. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi nilainilai islam sudah diterapkan di sekolah alam batulicin. Hal ini dapat terlihat dari nilai-nilai islam yang di internalisasikan di sekolah ini yaitu berupa nilai ilahiyah dan nilai insaniyah yang di terapkan melalui kegiatan tahfiz, wudhu sepanjang hari, shalat dhuha 4 rakaat, shalat berjamaah, dzikir pagi dan petang, dan 2s (salim dan salam) yang selalu mereka terapkan ketika di sekolah maupun di rumah. Adapun faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai islam adalah faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: APRILIA APRILIA APRILIA
Date Deposited: 04 Feb 2021 01:10
Last Modified: 04 Feb 2021 01:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15277

Actions (login required)

View Item View Item