EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas 5 Di MIN 1 Tanah Laut

Azzahra, Adinda Putri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas 5 Di MIN 1 Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pada proses pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Tanah Laut, siswa bersikap pasif, tidak aktif dan kemampuan berpikir kritis kurang sehingga banyak yang kurang memahami makna dari materi Akidah Akhlak yang disampaikan. Oleh karena itu dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Tanah Laut menerapkan model pembelajaran flipped classroom yang diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran flipped classroom pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas 5 di MIN 1 Tanah laut serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran flipped classroom pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas 5 Tanah Laut. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan siswa kelas 5 di MIN 1 Tanah Laut. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran flipped classroom pada pembelajaran Akidah Akhlak dan faktor yang mempengaruhi model pembelajaran flipped classroom pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas 5 di MIN 1 Tanah Laut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa penerapan pembelajaran flipped classroom pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas 5 di MIN 1 Tanah Laut terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanakaan, dan evaluasi. Adapun tahap perencanaan guru mata pelajaran Akidah Akhlak terlebih dahulu membuat RPP. Pada tahap pelaksanaan guru terlebih dahulu mengirimkan video pembelajaran pada WAG untuk dipelajari siswa di rumah kemudian saat di kelas siswa saling berdiskusi. Pada tahap evaluasi mencakup aspek penilaian sikap, keterampilan dan pengetahuan. Faktor pendukung yaitu, motivasi belajar siswa, guru, dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jaringan internet kurang stabil, kouta internet yang terbatas dan keterbatasan perangkat media siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 05 Apr 2023 00:22
Last Modified: 05 Apr 2023 00:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22522

Actions (login required)

View Item View Item