EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

"تعلي م اللغة العربية في الفصل و المسك ن في المدرسة المتوسطة الإسلامية بالمعهد الإسلامي هداية الله تامن هدايا مرتابورا" (Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas dan Asrama Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Hidayatulloh Taman Hudaya)

Jannah, Raudatul (2020) "تعلي م اللغة العربية في الفصل و المسك ن في المدرسة المتوسطة الإسلامية بالمعهد الإسلامي هداية الله تامن هدايا مرتابورا" (Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas dan Asrama Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Hidayatulloh Taman Hudaya). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pembelajaran adalah komunikasi dua arah antara guru dan siswa yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa agar mampu mengetahui, memahami dan mengembangkan kemampuannya. Pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah pondok pesantren hidayatulloh taman hudaya terbagi menjadi 2 yaitu pembelajaran bahasa arab di kelas dan pembelajaran bahasa arab di asrama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, objek penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa arab di kelas dan di asrama Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Hidayatulloh Taman Hudaya Martapura, sedangkan subjek penelitiannya adalah 3 orang guru Bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Hidayatulloh Taman Hudaya Martapura. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran bahasa arab di kelas baik dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi juga untuk mengetahui pembelajaran bahasa arab sistem daring sedangkan di asrama untuk mengetahui bagaimana sistem pembelajaran bahasa arab disana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Hidayatulloh Taman Hudaya Martapura terbagi menjadi 2 yaitu pembelajaran bahasa arab di kelas dan pembelajaran bahasa arab di asrama, pembelajaran bahasa arab di kelas terbagi menjadi dua yaitu pembelajaran bahasa arab dengan kurikulum 2013 dan pembelajaran bahasa arab dengan mempelajari qowaid. Dalam tahap perencanaan baik pembelajaran bahasa arab dengan kurikulum 2013 atau pembelajaran qowaid para guru tidak membuat rpp terrtulis setiap pertemuan, atau tidak membuaat nya secara spesifik, akan tetapi para guru hanya membuat rpp secara umum saja., pada tahap pelaksanaan dilakukan sesuai dengan pelaksanaan pemblajaran pada umumnya yaitu dengan membuka pelajaran, penyampaian materi dan penutup, kemudian pada pelaksanaan pembelajaran ini juga terdapat metode yang diajarkan yaitu metode terjemah, dan metode samiyyah syafawiyah. Selain metode, dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa arab juga menggunakan media, adapun media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab di kelas masih menggunakan media pembelajaran yang sederhana seperti papan tulis, spidol dan gambar. Pada tahap evaluasi dengan pembelajaran kurikumlum 2013 yaitu dengan melakukan tanya jawab, latihan soal, ujian tengah semester dan ujian semester, sedangkan evaluasi pembelajaran qowaid yaitu dengan tes lisan dan pengumpulan catatan diakhir semester, karena penelitian ini di lakukan ketika terjadinya virus corona maka di sana pmbelajaran di lakukan dengan sistem daring, kemudian pembelajaran bahasa arab di asrama di lakukan pada malam hari dengan menggunakan kitab muhawarotul hadits dan kitab jurumiyah adapan metode pembelajaran diasrama yaitu dengan metode terjemah dan metode hiwar. Di asrama juga melakukan penerapan lingkungan berbahasa dan program menghafal alquran.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:00
Last Modified: 26 Nov 2020 01:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14937

Actions (login required)

View Item View Item