EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hubungan Husnuzzhan terhadap Kepercayaan Diri Siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin

Miriyanti, Sri (2018) Hubungan Husnuzzhan terhadap Kepercayaan Diri Siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (681kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Sri Miriyanti. 1401451620. Hubungan Husnuzzhan terhadap Kepercayaan Diri Siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Skripsi. Jurusan Psikologi Islam. Fakultas Ushuluddin dan Humaniora 2018. Pembimbing: Dr. Irfan Noor, M.Hum(I), Yulia Hairina, M.Psi, Psikolog(II) Kata Kunci: Husnuzzhan, Kepercayaan Diri, Siswa, Kelas VIII, MTs Al-Ikhwan Husnuzzhan adalah cara berpikir yang benar menurut Islam, yaitu cara berpikir yang positif. Pikiran dapat mempengaruhi bagaimana seseorang berkata dan bersikap. Pikiran negatif akan menghasilkan perilaku yang negatif sedangkan pikiran positif akan menghasilkan sikap positif. Sikap positif yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya kepercayaan diri. Kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian yang berisi keyakinan tentang kekuatan, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya. Kepercayaan diri diperlukan tidak hanya dalam bidang pendidikan namun juga kehidupan sehari-hari. Berdasarkan temuan dilapangan tidak sedikit siswa pada usia remaja yang mengalami krisis kepercayaan diri termasuk siswa MTs Al-Ikhwan yang keseluruhannya merupakan remaja muslim. Padahal pada usia remaja inilah mereka berada dalam masa pencarian jati diri sehingga kepercayaan diri sangat diperlukan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini ada 2 yakni husnuzzhan (X) dan kepercayaan diri(Y) pada siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan. Alat pengumpulan data berupa skala model Likert. Skala husnuzzhan yang terdiri dari 32 item dan skala kepercayaan diri 37 item ini sudah di uji kevalidannya dan kereliabilitasnya, dengan nilai reliabel 0,944 untuk skala husnuzzhan dan 0,945 untuk skala kepercayaan diri. Teknik pengambilan sampel nonprobabilitas dengan sampling jenuh yang berarti menggunakan seluruh individu yang ada dalam populasi dengan jumlah subjek sebanyak 50 siswa. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan bantuan sofware SPSS for Windows 21.0. Hasil data yang diperoleh menyatakan bahwa tingkat husnuzzhan dan juga tingkat kepercayaan diri pada siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan dominan sedang dengan kategori husnuzzhan sedang sebanyak 36 orang (72,0%) sedangkan tingkat kepercayaan diri pada siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan sebanyak 38 orang (76,0%). Berdasarkan uji korelasi menggunakan teknik product momen dan didapat nilai r hitung sebesar 0,443 dengan value 0,001 sementara nilai r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N 50 adalah sebesar 0,279. Karena nilai r hitung yang didapat 0,433 ˃ r tabel (sig 5% = 0,279) (p value < 0,05). Menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara husnuzzhan terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin dengan tingkat hubungan antar variabel cukup signifikan. Hasil ini mengartikan bahwa semakin tinggi tingkat husnuzzhan maka tingkat kepercayaan diri juga semakin tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Sri Miriyanti Miriyanti
Date Deposited: 01 Apr 2019 00:27
Last Modified: 01 Apr 2019 00:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10703

Actions (login required)

View Item View Item