EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Kepada Siswa Pada Kegiatan Tadarus Al-Qur’an di Sekolah MTsN 3 Banjarmasin

Madina, Nurul (2020) Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Kepada Siswa Pada Kegiatan Tadarus Al-Qur’an di Sekolah MTsN 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini fokus pada penanaman nilai-nilai akhlak terpuji kepada siswa pada kegiatan tadarus al-Qur’ān di sekolah MTsN 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dua orang guru akidah akhlak, guru dalam bidang kesiswaan, guru dalam bidang kegamaan, kepala tata usaha (TU) dan tujuh orang siswa-siswi beserta kepala sekolah di sekolah MTsN 3 Banjarmasin. Sedangkan objek penelitian adalah penanaman nilai-nilai akhlak terpuji kepada siswa pada kegiatan tadarus al-Qur’ān di sekolah MTsN 3 Banjarmasin, beserta faktor yang menghambat dan mendukung penanaman nilai-nilai akhlak terpuji kepada siswa pada kegiatan tadarus al-Qur’ān di sekolah MTsN 3 Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Penanaman nilai-nilai akhlak terpuji kepada siswa dalam suatu kegiatan tadarus al-Qur’ān di sekolah MTsN 3 Banjarmasin merupakan program unggulan sekolah, kepala sekolah dan seluruh guru bekerja sama untuk pembentukan akhlak siswa serta sarana dan prasarana sudah mendukung sehingga terlaksana tetapi belum maksimal. Sekolah MTsN 3 banjarmasin sudah menanamkan akhlak terpuji pada kegiatan tadarus al-Qur’ān sehingga membentuk akhlak terpuji disiplin waktu, dan membiasakan berkata jujur. Berpengaruh kepada akhlak terhadap Allah SWT yaitu meninggalkan sesuatu yang dilarang dan memiliki sifat takwa, akhlak terhadap manusia yaitu memiliki jiwa yang bersih dari segala prasangka tidak baik dan tawadhu,akhlak terhadap diri sendiri yaitu memiliki jiwa yang tenang, sabar, tidak menjerumuskan diri pada dosa dan hina. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penanaman nilai-nilai akhlak terpuji kepada siswa pada kegiatan tadarus al-Qur’ān di sekolah MTsN 3 Banjarmasin yaitu faktor internal dari dalam diri siswa sendiri, faktor eksternal yaitu orang tua, guru, teman bergaul yang sangat mudah mempengaruhi siswa, beserta faktor sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 01 Dec 2020 00:37
Last Modified: 01 Dec 2020 00:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14946

Actions (login required)

View Item View Item