EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN LAYANAN SYARIAH (OFFICE CHANNELLING) DI PEGADAIAN CP KAYUTANGI

Norhayati, Siti (2020) PELAKSANAAN LAYANAN SYARIAH (OFFICE CHANNELLING) DI PEGADAIAN CP KAYUTANGI. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (800kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (827kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Office channeling di pegadaian syariah merupakan salah satu inovasi layanan pegadaian syariah yang baru dilaunching pada bulan Oktober 2016. Sebelumnya sistem office channeling sudah diterapkan oleh perbankan syariah. Sehingga pegadaian konvensional yang ditunjung dapat melayani transaksi syariah bagi nasabah yang ingin menggunakan produk-produk syariah yang tidak ada di pegadaian konvensional. Pelayananan Office channeling di pegadaian syariah merupakan salah satu inovasi layanan pegadaian syariah yang baru dilaunching pada bulan Oktober 2016. Sebelum pelaksanaan office chenneling, terlebih dahulu terdapat kesepakatan antara Pinca (Pimpinan Cabang) syariah dengan Pinca konvensional dalam bentuk akad wakalah (titipan). Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh penulis dengan menggunakan teknik wawancara, dengan jumlah responden sebanyak 3 orang. Lokasi penelitian ini di Pegadaian CP Kayutangi yang terletak di Jl. Brigjen H. Hasan Basri No. 9, Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70124. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik editing, klarifikasi dan diskripsi yang kemudian dianalisis secara kualitatif dengan acuan landasan teori. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalah pertama, Pelaksananaan Office Channeling di Pegadaian CP Kayutangi merupakan salah satu inovasi layanan pegadaian syariah yang baru dilaunching pada bulan Oktober 2016. Sebelum pelaksanaan office chenneling, terlebih dahulu terdapat kesepakatan antara Pinca (Pimpinan Cabang) syariah dengan Pinca konvensional dalam bentuk akad wakalah (titipan). Dalam segi pelayanan yang diberikan yaitu 3 transaksi antara lain: Transaksi Pembiayaan, Angsuran dan juga bisa Pelunasan produk chenneling. Produk yang ditawarkan pada Office Channeling di Pegadaian CP Kayutangi adalah Ar-rum haji, Pegadaian Amanah, dan Rahn Tasjily Tanah. Kedua, Faktor Pendukung sistem office channeling di Pegadaian CP Kayutangi, yaitu: a) Mengatasi keterbatasan unit kerja pegadaian syariah. b) Mengatasi keterbatasan produk pegadaian konvensional. c) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 31/ POJK.05/ 2016 tentang usaha pegadaian pada bab IV. Faktor penghambat Pelaksanaan Layanan Syariah (Office Channelling) Di Pegadaian CP Kayutangi, yaitu: a) Masyarakat masih banyak yang belum mengetahui Layanan Syariah (Office Channelling) terutama di Pegadaian CP Kayutangi. b) Masih sedikitnya masyarakat yang menggunakan pegadaian syariah apalagi Layanan Syariah (Office Channelling). c) Masih terbatasnya produk yang ditawarkan yaitu produk Ar-rum haji, Pegadaian Amanah, dan Rahn Tasjily Tanah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Mar 2021 13:30
Last Modified: 09 Mar 2021 13:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15688

Actions (login required)

View Item View Item