EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Gaya Bahasa dan Pesan-Pesan Dakwah Channel @arafat_channel

Rafika, Sri (2020) Analisis Gaya Bahasa dan Pesan-Pesan Dakwah Channel @arafat_channel. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (924kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dari banyaknya kelebihan dan keunggulan yang dimiliki media sosial. Salah satu yang berhasil memanfaatkannya yaitu Ustaz Ahmad Mukafi Arafat yang aktif membagikan tulisan dakwahnya melalui channel Telegram @arafat_channel sejak tahun 2016. Ustaz Arafat dapat dikatakan berhasil dalam mempertahankan gaya tulisannya melalui media sosial dengan para mad'u atau pembaca yang selalu mengalami pertambahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) gaya bahasa yang digunakan oleh Ustaz Arafat dalam channel Telegram @arafat_channel, (2) pesan-pesan dakwah yang digunakan Ustaz Arafat dalam channel Telegram @arafat_channel. Penelitian ini berbentuk deksriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode content analysis. Sumber data adalah postingan bulan April 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik catat. Validitas yang digunakan adalah triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, menganalisis data, dan membuat laporan penelitian. Hasil penelitian dari 23 judul yang diteliti menunjukkan bahwa dalam channel Telegram @arafat_channel digunakan beberapa gaya bahasa yaitu: (a) gaya bahasa retoris meliputi, asonansi, apofasis, asindeton, prolefsis; (b) gaya bahasa kiasan meliputi, simile, metafora, alegori, farabel, fabel, personifikasi,metonomia, ironi. Gaya bahasa yang paling dominan dipakai dalam channel Telegram @arafat_channel adalah gaya bahasa simile. Hal tersebut disebabkan karena simile adalah gaya bahaya kiasan yang bersifat membandingkan. Ustaz Ahmad Mukafi Arafat ingin menghidupkan makna yang terkandung di dalam pesan-pesan dakwah dan dapat menjelaskan dengan mudah pesan yang dimaksud serta menghindari hal-hal yang bersifat monoton yang membuat pembaca bosan. Pesan-pesan dakwah yang terdapat dalam channel Telegram, berdasarkan hasil analisis terdapat tiga pesan dakwah. Pesan-pesan dakwah tersebut yaitu: (a) pesan akidah meliputi, iman kepada Allah, iman kepada Rasul, iman kepada kitab Allah, iman kepada hari akhir, iman kepada qadha dan qadhar; (b) pesan syariah meliputi, Ibadah dan Muamalah; (c) pesan akhlak meliputi, akhlak kepada Allah dan akhlak kepada manusia. Ustaz Arafat hampir lebih banyak menyampaikan pesan dakwah bertemakan akidah dalam channel Telegram @arafat_channel, pesan ini juga dibarengi dengan perbandingan serta perumpamaan yang menarik dan tepat dalam setiap tulisannya. Hal ini dilakukannya semata-mata untuk memberikan penegasan pada setiap gagasan utama yang ingin beliau sampaikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Elva Rahma Elva Rahma
Date Deposited: 05 May 2021 01:27
Last Modified: 05 May 2021 01:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16165

Actions (login required)

View Item View Item