EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Tinggi di SDS Islam Al-Manshur Banjarbaru

Iqrimah, Fatimatul (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Tinggi di SDS Islam Al-Manshur Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (587kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena global pandemi Covid-19, yang mengharuskan penerapan phsycal distancing. Kondisi demikian mengakibatkan segala kegiatan diberbagai bidang menjadi terganggu, termasuk bidang pendidikan. Menanggapi hal tersebut, ditetapkanlah sistem pembelajaran daring sebagai solusi agar kegiatan belajar-mengajar tetap berlangsung dengan aman. Namun dalam pelaksanaannya, ditemui berbagai keluhan dari orang tua, terkait pembelajaran daring dan tingkah laku belajar peserta didik terkait kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui tingkat/kategori pelaksanaan pembelajaran daring dan kemandirian belajar, serta mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas tinggi di SDS Islam Al-Manshur Banjarbaru. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode survey dengan desain korelasional tepatnya asosiatif kausal. Sumber data primer, diperoleh dari 86 responden yang merupakan peserta didik kelas tinggi di SDS Islam Al-Manshur Banjarbaru, dan diambil dengan teknik proportional stratified random sampling. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS V22 dengan melakukan statistic deskriptif, uji regresi linear sederhana dan uji signifikansi guna menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di kelas tinggi masuk kategori “baik”, setelah memperoleh persentase tertinggi sebesar 33,7% dengan jumlah 29 peserta didik. Kemandirian belajar peserta didik kelas tinggi diketahui berada pada kategori “mandiri”, setelah memperoleh persentase sebesar 45,3% dengan jumlah 39 peserta didik. Sedangkan, hasil uji hipotesis menggunakan model regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 21,625 + 0,692X, dan nilai t hitung = 10,374 > t tabel = 1,989, sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Berdasarkan data tersebut diketahui “terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas tinggi di SDS Islam Al-Manshur Banjarbaru”. Keeratan hubungan antarvariabel berada pada tingkat hubungan yang kuat, yaitu sebesar 0,749. Nilai koefisien determinan sebesar 0,562, yang berarti bahwa besaran kontribusi pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas tinggi sebasar 56,2% dan sisanya sebesar 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fatimatul Iqrimah
Date Deposited: 21 Jul 2022 23:55
Last Modified: 21 Jul 2022 23:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19689

Actions (login required)

View Item View Item