EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Learning Loss sebagai Dampak Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran PAI (Studi Multisitus Pada MAN dan SMAN se Kabupaten Hulu Sungai Selatan)

Shaleha, Radhia (2022) Learning Loss sebagai Dampak Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran PAI (Studi Multisitus Pada MAN dan SMAN se Kabupaten Hulu Sungai Selatan). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (508kB)

ABSTRAK

Pandemi covid-19 telah mengubah proses pembelajaran PAI dari luring menjadi daring, perubahan ini terjadi secara tiba-tiba yang menuntut lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan cepat. Namun yang terjadi di lapangan tidak sepenuhnya seperti yang diharapkan, hal ini menyisakan sejumlah masalah dalam pembelajaran yang dapat memicu terjadinya learning loss dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini berusaha menggali bagaimana proses learning loss dalam pembelajaran PAI, komponen-komponen learning loss dalam pembelajaran PAI serta dampak pembelajaran PAI masa pandemi. Metode penelitian yakni deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai cara penggalian data. Penelitian dilakukan pada MAN 1 dan MAN 2 Hulu Sungai Selatan, serta SMAN 1 dan SMAN 2 Kandangan. Informan terdiri atas guru-guru PAI dan peserta didik yang diambil secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan 1) proses terjadinya learning loss dimulai saat pandemi covid-19 yang mengharuskan PJJ, kegagalan lembaga pendidikan dalam beradaptasi menyebabkan tidak maksimalnya proses pembelajaran dan berujung pada terjadinya learning loss. 2) Komponen-komponen learning loss dalam pembelajaran PAI terjadi pada semua komponen pembelajaran yang variatif di masing-masing lembaga pendidikan. 3) Dampak pembelajaran PAI masa pandemi dari sisi positif yakni percepatan pemanfaatan IT dalam pendidikan, peningkatan kompetensi guru, peningkatan kemandirian belajar peserta didik, lebih optimalnya peran orang tua dalam belajar anak di rumah. Dampak negatifnya yakni akses internet yang minim, tujuan dan ketercapaian pembelajaran berkurang, strategi pembelajaran terbatas, evaluasi pembelajaran tidak maksimal, pengawasan guru terhadap peserta didik menurun, tereduksinya peran guru sebagai pentransfer nilai, terganggunya aspek psikologis peserta didik, dan lingkungan pembelajaran yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 06 Jan 2023 05:50
Last Modified: 06 Jan 2023 05:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21506

Actions (login required)

View Item View Item