EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Melalui Manajemen Produksi Presfektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Home Industri Kerupuk Amplang Raudah di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu)

Ainah, Nur (2023) Analisis Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Melalui Manajemen Produksi Presfektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Home Industri Kerupuk Amplang Raudah di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian dilatar belakangi oleh semakin banyaknya dunia usaha saat ini, salah satunya pada usaha home industri yang memproduksi makanan khas daerah masingmasing. Oleh karena itu penting loyalitas pelanggan untuk mempertahankan eksitensi sebuah home industri. Dalam mempertahankan loyalitas pelanggan tentu sebuah home industri mampu memanajemen home industri salah satunya memperhatikan pada manajemen produksi. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengatahui bagaimana mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi serta tinjuan persfektif ekonomi Islamnya pada home industri kerupuk amplang Raudah di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Resesrch) dan metode penelitian kualitatif. Subjeknya terdiri dari pemilik dan pelanggan home industri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Bedasarkan hasil penelitian ini menujukkan bahwa home industri kerupuk amplang Raudah dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan melaksanakan aspek-aspek yang ada di dalam manajemen produksinya diantaranya pada perencanaan produksi memperhatikan kualitas dan kuantitas produk yang diinginkan, pada pengendalian produksi memperhatikan jadwal produksi yang akan dilakukan dan menghindari produksi produk yang over (kelebihan). Kemudian hasil produk dipasarkan, sesuai dengan segmentasi pasar. Dan pada pengawasan produksi menetapkan kualitas pada produk dengan memperhatikan bahan baku khusus menggunakan ikan tenggiri dan sudah melakukan izin PIRT (Produksi Ibu Rumah Tangga) yang memberikan jaminan bahwa produk layak di komsumsi serta melaksanakan produksi tepat waktu. Adapun manajemen produksi persfektif ekonomi Islam untuk aspek-aspeknya sudah sesuai dengan prinsip tauhid, prinsip kemanusiaan, prinsip keadilan, prinsip kebijakan dan prinsip kebebasan serta tanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:12
Last Modified: 18 Jan 2023 00:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21688

Actions (login required)

View Item View Item