EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kantin Kejujuran Sebagai Pendidikan Karakter Jujur Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri Rantau Bujur Kabupaten Banjar

Zikri, Muhammad (2023) Kantin Kejujuran Sebagai Pendidikan Karakter Jujur Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri Rantau Bujur Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Muhammad Zikri. 180101010967. Kantin Kejujuran Sebagai Pendidikan Karakter Jujur Peserta Didik di SDN Rantau Bujur Kabupaten Banjar, Pembimbing Bidang Konten dan Metodelogi Dr. H. Surawardi, S.Ag, M.Ag dan Pembimbing Bidang Bahasa dan Teknik Penulisan Mahmudah, M.Pd.I, pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. 2023. Kata Kunci: Kantin Kejujuran, Pendidikan Karakter Jujur Penelitian yang berawal dari kesadaran fenomena penurunan kualitas karakter generasi muda akibat perubahan kebiasaan, pergaulan dan perkembangan zaman, terbukti dengan banyaknya pergaulan bebas dan yang merugikan. Sangat diperlukannya tindakan preventif dan edukasi agar nilai dan esensi dari karakter mulia generasi muda masa depan tetap terjaga. Tindakan yang dimaksud adala pendidikan karakter jujur yang diaplikasikan pada kantin kejujuran, sehingga peserta didik mampu membedakan yang baik dan buruk. Tujuan dari penelitian adalah menjelaskan bagaiamana kantin kejujuran sebagai pendidikan karakter jujur peserta didik dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kantin kejujuran sebagai pendidikan karakter jujur peserta didik SDN Rantau Bujur. Metode penelitian kualitatif sebagai jenis pendekatan penelitian dan bersifat penelitian lapangan (fild research) dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi, sehingga peneliti bisa mengumpulkan dan memperoleh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pendidikan karakter pada kantin kantin kejujuran berdasarkan fungsinya sudah bisa dikatakan berhasil. Faktor pendukung, manajemen yang baik dari pengelola seperti antusias dari mayoritas peserta didik yang merespon baik serta sarana dan prasarana yang menunjang sehingga minimnya problematika yang dijumpai pada kantin kejujuran. Faktor penghambat yaitu faktor usia dan adabtasi peserta didik yang belum mampu mandiri sepenuhnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:53
Last Modified: 03 Jul 2023 07:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23478

Actions (login required)

View Item View Item